17 Agustus 2010 - Surat Presiden Nicolas Sarkozy kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Awal kutipan:


Bapak Presiden Yang Mulia,

Dalam kesempatan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, dengan suka cita saya menyampaikan ucapan selamat terhangat, kepada Bapak dan segenap rakyat Indonesia.

Saya menggunakan kesempatan ini untuk menegaskan kembali komitmen Prancis kepada Indonesia dan betapa pentingnya, tali persahabatan yang terjalin di antara kedua bangsa kita, bagi diri saya pribadi. Saya menyimpan kenangan teramat indah tentang pertemuan kita pada tanggal 14 Desember 2009 di Paris. Saya gembira karena pada kesempatan tersebut kita dapat menyepakati deklarasi bersama Prancis-Indonesia. Hal ini membuka sejumlah peluang dalam hubungan Prancis dan Indonesia, dan menjadi dasar bagi kemitraan strategis yang akan kita bangun, seperti yang telah kita sepakati bersama.

Saya merasa senang memiliki kesempatan untuk berjumpa kembali dengan Bapak, di masa mendatang.

Saya yakin, Prancis dan Indonesia dapat mengembangkan dialog bernas mengenai berbagai isu penting di tingkat regional maupun internasional, terutama isu-isu global seperti peraturan keuangan internasional dan perubahan iklim.

Teriring harapan kebahagiaan dan kemakmuran bagi Bapak pribadi dan bagi rakyat Indonesia, sudilah kiranya Bapak Presiden menerima penghargaan saya yang setinggi-tingginya.

Tertanda : Nicolas SARKOZY


Akhir kutipan.

Diterbitkan pada 18/08/2010

Kembali ke atas