AFD mendukung pembangunan infrastruktur konektivitas berkelanjutan di Indonesia

Pada tanggal 12 Desember 2013 lalu, AFD dan Pemerintah Indonesia telah menandatangani kesepakatan pinjaman sebesar 74,7 Juta Euro yang bertujuan membantu Program Dukungan Kelembagaan untuk mewujudkan Program Infrastruktur Konektivitas Indonesia (PARIC).

Copyright : MP3EI - RI - JPEG
Bersama-sama dengan ADB, Bank Dunia dan JICA, AFD akan berkontribusi dalam pendanaan program ‘’konektivitas’’ Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) periode tahun 2011 – 2025, di seputar perombakan besar-besaran yang tercermin dalam matriks peta jalan, di antaranya dalam sektor angkutan, perkeretaapian, dan pelabuhan, dan sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Meningkatkan mutu infrastruktur konektivitas di Indonesia merupakan kebutuhan mutlak, guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mengurangi ketimpangan sosial maupun teritorial di negara kepulauan dengan 17 ribu pulau ini. Sebuah program bantuan teknis akan menyertai operasionalisasi reformasi di bidang angkutan kereta api perkotaan, infrastruktur pelabuhan dan kemitraan antara pihak pemerintah dan swasta.

Diterbitkan pada 19/12/2013

Kembali ke atas