AFD: pengucuran 200 juta dolar guna memerangi perubahan iklim

Climate Change Program Loan :
Badan Prancis untuk Pembangunan (AFD) baru saja mengucurkan 200 juta Dolar kepada Pemerintah Indonesia

Menyusul penandatanganan kesepakatan Climate Change Program Loan (CCPL) oleh Bapak Jean-Michel Séverino, Presdir Agence Française de Développement (AFD), dan Bapak Rahmat Waluyanto, Dirjen Pengelolaan Utang (Departemen Keuangan) pada tanggal 25 November lalu, AFD baru saja mengucurkan dana sebesar 200 juta Dolar kepada Pemerintah Indonesia.

Sebagai kompensasi atas bantuan anggaran tersebut, Pemerintah Indonesia tengah mengimplementasikan aksi-aksi yang ditargetkan dalam Policy Matrix guna memerangi perubahan iklim. Dalam Konferensi Para Pihak ke-13 di Bali bulan Desember 2007 lalu, Pemerintah Indonesia mencanangkan “Rencana Aksi Nasional atas Perubahan Iklim” yang merumuskan visi Indonesia terkait masalah perubahan iklim. Visi tersebut telah diterjemahkan dalam bentuk proses perencanaan pembangunan, di bawah koordinasi Bappenas, dengan dikeluarkannya "Perencanaan Pembangunan Nasional : Indonesia Menjawab Perubahan Iklim" (yang juga dikenal dengan istilah "yellow book") pada bulan Juli 2008 lalu. Dokumen tersebut mencakup Policy Matrix tiga tahunan yang dibagi menjadi tiga bagian: mitigasi, adaptasi, dan isu lintas-sektoral.

Policy Matrix akan diawasi melalui berbagai pertemuan yang dipimpin oleh Bappenas dan dihadiri oleh dua belas Departemen dan Badan Pemerintah, juga oleh JICA dan AFD, yakni pertemuan komite teknis (6 - 8 kali per tahun) dan pertemuan komite pengarah (3 - 4 kali per tahun).

Disamping itu, AFD memberikan bantuan dalam bentuk hibah, dengan mendanai seorang ahli kehutanan yang akan menjadi bagian dari tim pengawas, dan dalam bentuk bantuan teknis kepada Departemen Industri (efisiensi energi) dan Kehutanan.

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas