Acara pelepasan mahasiswa Indonesia yang akan berangkat ke Perancis

Dalam rangka keberangkatan sekitar dua ratus tiga puluh mahasiswa Indonesia ke Perancis dalam waktu dekat, Duta Besar Perancis, Bapak Philippe ZELLER, mengundang semua peserta Seminar Persiapan Keberangkatan yang diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Perancis di Jakarta (05-06 Agustus 2010) pada hari Kamis tanggal 5 Agustus 2010, Pukul 19.00, di kediamannya. Acara tersebut akan dihadiri pula oleh para wakil dari Departemen Pendidikan Nasional dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Sejak beberapa tahun yang lalu, Kedutaan Besar Perancis, bersama dengan perwakilan CampusFrance di Indonesia, menjalankan kebijakan kerjasama pendidikan. Hal tersebut telah melahirkan bertambahnya secara signifikan kesepakatan kerjasama universitas dan jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Perancis. Berkat besarnya upaya CampusFrance dalam menginformasikan dan mempromosikan pendidikan tinggi Perancis serta berbagai kegiatan Kedutaan Besar Perancis (Bagian Kerjasama dan Kebudayaan) dalam bidang kerjasama universitas, tren peningkatan tersebut terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Di bawah bimbingan Kedutaan Besar Perancis, dan didukung oleh jaringan Pusat Kebudayaan Perancis di Indonesia, tugas utama CampusFrance adalah menjawab pertanyaan mahasiswa Indonesia yang tertarik pada sistim pendidikan tinggi Perancis, mulai dari pencarian informasi hingga tahap awal pendaftaran di universitas. CampusFrance bertugas pula mempromosikan perguruan tinggi Perancis secara langsung di kampus-kampus universitas lokal serta pada kesempatan pameran pendidikan. Tim CampusFrance menyambut dan membimbing para mahasiswa dalam pencarian informasi, membantu mereka dalam memilih program pendidikan, dan mendampingi mereka dalam proses administrasi dan konsuler sebelum keberangkatan mereka ke Perancis.

Bagi para mahasiswa yang akan segera melakukan studinya ke Perancis, sebuah Seminar Persiapan Keberangkatan diadakan setiap tahun oleh CampusFrance, berkerja sama dengan Bagian Kerjasama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Perancis dan Pusat Kebudayaan Perancis Jakarta. Program seminar yang berlangsung selama dua hari ini, memberikan banyak kesaksian dan informasi tentang negara tujuan mereka, kekhasan budaya dan kekhususan pendidikan tinggi di Perancis serta berbagai urusan administrasi yang perlu mereka hadapi setibanya di sana.

Patut dicatat bahwa tahun ini, penerima beasiswa dari pemerintah Perancis berjumlah signifikan (baik dalam bentuk beasiswa penuh maupun berupa pembiayaan perlindungan sosial), yaitu sebesar 80 orang dari 230, jumlah total mahasiswa. 60 penerima beasiswa tersebut di antaranya merupakan pengajar dari berbagai politeknik negeri, yang akan menempuh tahun kedua program master (S2) mereka di sekitar sepuluh universitas di Perancis. Mereka memperoleh bantuan beasiswa dari DIKTI – Kemendiknas dan Kedutaan Besar Perancis di Jakarta membiayai kursus bahasa Perancis, pendaftaran dan perlindungan sosial.

Mahasiswa Indonesia yang mengikuti Seminar tersebut akan berangkat pada awal tahun ajaran ini guna menempuh pendidikan (dalam bahasa Perancis, bahasa Inggris atau dwibahasa) di tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3) di berbagai Universitas, Sekolah Tinggi Teknik atau Sekolah Tinggi Niaga, dalam rangka berbagai program (Kerjasama lembaga dan universitas Perancis – Indonesia, program beasiswa pemerintah Perancis, beasiswa Erasmus Mundus, beasiswa DIKTI, beasiswa dari pihak swasta) atau atas biaya sendiri.

Diterbitkan pada 04/08/2010

Kembali ke atas