Acara pelepasan mahasiswa Indonesia yang akan berangkat ke Perancis

Kutipan sambutan Bapak Philippe Zeller, Duta Besar Perancis untuk Indonesia, pada acara pelepasan mahasiswa Indonesia yang berangkat ke Perancis, Kamis 30 Juli 2009 :

"Dengan suka cita, saya menyambut Anda sekalian di Kediaman Duta Besar Perancis untuk Indonesia. Ada sekitar 100 hadirin malam ini, dan bilamana mereka, yang berhalangan atau yang tinggal jauh di daerah dapat hadir, akan ada lebih banyak lagi hadirin bersama kita di sini. Memang, dalam dua tahun terakhir ini, jumlah mahasiswa Indonesia yang memilih Perancis untuk melanjutkan pendidikan mereka telah meningkat secara signifikan. Jika pada tahun 2007, berjumlah 143 mahasiswa, pada tahun 2008, jumlah tersebut meningkat hingga 210 mahasiswa. Jumlah tersebut meningkat sebesar 47%, dan pada tahun 2009 ini, sekitar 250 mahasiswa akan berangkat ke Perancis. Ini merupakan bukti nyata akan semakin intensnya hubungan antara kedua negara kita dan saya berharap, pada tahun-tahun mendatang, tidak hanya lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia ke Perancis tetapi lebih banyak pula pemuda Perancis ke Indonesia guna mengetahui betapa indahnya bumi Nusantara ini.

(...)

Sebagai kata penutup, ijinkanlah saya untuk menyampaikan harapan saya : jangan lupa bahwa selama tinggal di Perancis, Anda sekalian akan menjadi Duta Indonesia. Memang perlu Anda memperkenalkan dan berbagi berbagai budaya, sejarah dan tradisi Indonesia kepada orang Perancis yang akan Anda temui di sana. Perlu diingat bahwa membuat agar masyarakat dan individu yang berbeda saling memahami, bukanlah hal yang mudah ; pemahaman ini haruslah dicapai melalui dialog dan kebersamaan. Melalui pertukaran budaya inilah, Anda dapat memperkaya diri sambil memperkaya diri orang lain. Sebaliknya, dengan lebih mengenal orang lain, Anda akan mampu untuk lebih mengenal diri Anda sendiri dan menyadari sepenuhnya kekayaan asal usul Anda sendiri. Akhirnya, menurut saya, perkembangan kepribadian Anda, pemahaman Anda akan budaya lain dan kesadaran penuh akan jati diri Anda, akan merupakan tanda-tanda keberhasilan masa studi Anda di Perancis."

JPEG

Diterbitkan pada 31/07/2009

Kembali ke atas