Acara penyerahan penghargaan kepada sineas Indonesia Garin Nugroho [fr]


Garin Nugroho, sutradara ternama Indonesia, menerima penghargaan di bidang Seni dan Sastra Pemerintah Perancis ‘Medali de l’Ordre des Arts et des Lettres’ dari tangan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Ibu Corinne Breuzé, pada hari Selasa 26 April pukul 18.30 di Kediaman resmi Duta Besar. Garin Nugroho mendapat penghargaan untuk seluruh perjalanan karirnya dan juga atas sumbangsihnya bagi perkembangan industri perfilman Indonesia.

JPEG
Sutradara berbakat ini terhubung dengan Perancis berkat Festival Cannes. Dua filmnya pernah dinominasikan dalam kategori “Un certain regard”. Yang pertama pada tahun 1998 untuk film “Daun di atas Bantal”, kemudian pada tahun 2006 untuk film “Serambi” . Kedua nominasi tersebut membuat karya-karyanyanya dikenal di dunia dan ia menjadi sutradara ‘langganan’ festival film.

JPEG
Saat ini, Garin Nugroho merupakan calon walikota Yogyakarta, kota kelahirannya, pada Pilkada tahun 2017, melalui jalur Independen. Ia terjun ke dunia politik setelah namanya terukir dalam sejarah perfilman Indonesia.

Pemerintah Perancis dan masyarakat budaya Perancis memberikan penghormatannya kepada tokoh besar perfilman Indonesia melalui penganugerahan penghargaan ini.

JPEG
Acara ini dihadiri oleh aktris Christine Hakim dan aktor Indonesia Reza Rahadian dan Morgan Oey.

JPEG
JPEG

Diterbitkan pada 16/06/2016

Kembali ke atas