Akreditasi Duta Besar Perancis pada Sekretariat ASEAN

Perancis selalu memberikan perhatian khusus kepada Asia Tenggara. Komitmennya di masa lalu bagi perkembangan dialog Asia dan Eropa ikut berperan dalam kelahiran berbagai prakarsa regional, seperti pembentukan ASEM atau peningkatan dialog antara Uni Eropa dan ASEAN. Keanggotaan Perancis dalam Traktat Persahabatan dan Kerjasama (TAC) di Asia Tenggara pada tahun 2007 merupakan bentuk logis dari kepedulian tersebut.

Perancis sebagai Presiden Dewan Uni Eropa menyambut pemberlakuan Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember lalu. Itu merupakan tahapan penting integrasi wilayah di Asia Tenggara.

Seperti yang diperkirakan Piagam dan demi mempererat hubungan antara Perancis dan ASEAN, Menteri Luar Negeri dan Eropa Bernard Kouchner pada tanggal 14 Januari 2009 telah menunjuk Bapak Philippe Zeller, Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste, sebagai Duta Besar Perancis di Sekretariat ASEAN. Pengangkatan tersebut merupakan satu pengakuan atas peranan penting yang dimainkan ASEAN di dalam percaturan regional dan atas kemampuannya berkontribusi bagi keseimbangan dan kemakmuran wilayah.

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas