Apabila terjadi kasus darurat, kehilangan, sengketa, atau penyerangan

GIF

Keadaan darurat

Jika Anda menjadi saksi atau korban kecelakaan, berikut ini adalah nomor-nomor darurat yang dapat Anda hubungi :

  • SAMU (Pertolongan medis darurat) : 15
  • Bantuan Polisi : 17
  • Bantuan Pemadam Kebakaran : 18
  • Nomor darurat melalui ponsel : 112

GIF

Apabila mengalami kehilangan

- Surat/dokumen perjalanan :

Laporkan ke kantor polisi. Di sana Anda akan memperoleh tanda terima, kemudian hubungi konsulat Anda. Untuk kehilangan kunci, benda milik Anda, hubungi komisariat polisi melalui nomor bagian barang hilang (di Paris no. 33 (0) 1 55 76 20 00).

- Mobil Anda

Komisariat polisi akan mencatat aduan Anda dan dari situ anda akan dirujuk ke bagian penahanan kendaraan, jika Anda melakukan pelanggaran parkir dan kendaraan Anda diamankan oleh polisi.

- Kartu Kredit

Buat sesegera mungkin surat pernyataan kehilangan, kemudian laporkan ke komisariat polisi. Hubungi bagian pengaduan kehilangan kartu kredit setempat, sesuai dengan jenis kartu kredit Anda:

- Binatang peliharaan

Hubungi Société de Protection des Animaux (SPA) Tél. : 33 (0) 1 43 80 40 66

GIF

Apabila terjadi sengketa

dengan pihak hotel, restoran, pedagang, hubungi Direction Départementale de la Concurrence, de la Consommation et de la Répression des Fraudes (Direktorat Persaingan, Konsumsi dan Penanggulangan Penipuan Daerah) sesuai dengan tempat sengketa terjadi.

GIF

Kedutaan Besar dan Konsulat negara Anda

Anda tetap terus berhubungan dengan pihak berwenang negara Anda melalui Kantor Konsulat atau Kedutaan Besar negara Anda yang berada di Perancis.

http://www.expatries.diplomatie.gouv.fr/annuaires/annuaires.htm  

GIF

Dalam kasus penyerangan, pencurian, Anda dapat membuat pengaduan ke :

  • kantor gendarmerie atau polisi terdekat dengan tempat kejadian penyerangan.
  • kantor jaksa di Pengadilan Negeri di daerah tempat kejadian berlangsung, atau di wilayah tempat tinggal penyerang Anda, jika Anda dapat mengidentifikasinya.

Alamat/No telepon dinas berwenang setempat dapat ditemukan melalui Direktori telepon Pages Jaunes atau dengan menghubungi nomor telepon bagian informasi yang dapat Anda pergunakan.

GIF

Apabila Anda melakukan Pelanggaran

Apabila Anda melakukan pelanggaran, Anda dapat dituntut sama seperti warga Perancis, baik itu untuk pelanggaran lalu lintas, penipuan di kendaraan umum, mabuk di jalan umum, atau ikut serta dalam perkelahian di bar.

Harap dicatat : nomor Uni Eropa (116 006) yang mulai dioperasikan sejak tanggal 15 April 2010, dapat Anda hubungi untuk mengetahui hak-hak Anda dalam kasus pelanggaran.

Melalui nomor tersebut Anda juga dapat dirujuk ke lembaga-lembaga bantuan yang akan mendampingi Anda menyelesaikan kasus Anda : bantuan, asuransi, dll.

Diterbitkan pada 08/03/2016

Kembali ke atas