Boulangerie dan Pâtisserie, Sektor Usaha Unggulan !

Pembuatan roti dan kue made in France merupakan salah satu bidang pekerjaan yang laku keras di luar negeri dan produk-produknya termasuk yang paling populer. Larisnya bidang tersebut menjangkau baik para pembuat peralatan dan bahan pembuat kue di Perancis, yang berhasil mengandalkan produk-produk bermutu tinggi, maupun program pelatihan serta alih-kemampuan.

PNG Bagi banyak orang asing, Perancis identik dengan seni kuliner dan koki ternama! Tentu saja boulangerie (pembuatan roti) dan pâtisserie (pembuatan kue) - dengan citra sebagai produk yang dibuat dengan penuh citarasa seni, berselera dan bermutu tinggi - mendapat keuntungan dari kegandrungan masyarakat terhadap seni kuliner ala Perancis ini. Tentu saja, publik memiliki ekspektasi tinggi sesuai dengan reputasi tersebut. Oleh sebab itu, para boulanger dan pâtissier yang membidik pasar luar negeri ini tidak boleh mengecewakan ! Produk-produk mereka harus memenuhi harapan dan benar-benar otentik. Semua orang tahu bahwa roti croissant (berbentuk bulan sabit) “made in France” asli (yang memiliki sejarah panjang, sejak tahun 1920), adalah croissant au beurre (berbahan mentega) ! Ini merupakan salah satu produk wajib untuk menarik konsumen di luar Perancis, seperti roti gandum berkulit keras, la baguette, kue macaron, éclair atau Paris-Brest. Untuk memasarkannya, toko-toko harus memberikan pelayanan yang mirip dengan suasana toko roti tradisional, sesuai ciri khas Perancis yang dibayangkan para turis dan yang pernah mereka nikmati saat berada di Perancis.

Warga Jepang dan Saudi, misalnya, sangat menggemari roti tradisional Perancis. Begitu pula dengan konsumen dari Amerika Utara yang kini sedang beralih ke produk-produk yang lebih sehat dan otentik. Di Brasil dan Amerika Selatan pada umumnya, tercatat peningkatan minat yang pesat akan semua jenis produk roti atau kue. Di tempat lain, penyesuaian terkadang perlu dilakukan. Berbagai varian yang disesuaikan dengan selera masyarakat lokal juga merupakan jaminan keberhasilan. “Produk lokal memiliki peluang lebih besar menarik pelanggan lokal, dan biayanya lebih murah!” tegas pembuat roti Michel Neel yang tetap mempertahankan sentuhan Perancisnya dalam memproduksi roti dengan sirup mapel di Kanada dan roti kari di India. Grup BCS mencatat kesuksesan di Eropa Utara berkat roti-roti khusus yang mengandung banyak jenis biji-bijian.

Gerai-gerai roti dan kue Perancis meraih sukses besar di New Delhi, dan juga di berbagai belahan dunia. Michel Neel yang membuka usaha roti di Gabon, kemudian di Moscow, lalu di Vancouver, atau bintangnya pembuat kue, Pierre Hermé, yang sangat digemari di Jepang, merupakan duta-duta besar bergengsi Boulangerie dan Pâtisserie Perancis di seluruh dunia. Grup Holder melipat gandakan jumlah gerainya yang bernama Paul et Ladurée di 24 negara (dan sebentar lagi akan hadir di Jakarta). Grup Le Duff bahkan menanamkan modalnya pada sebuah pabrik di Dubai, dengan perkiraan akan membuka lebih dari 50 waralaba Brioche Dorée di seluruh kawasan tersebut. Selain itu, banyak boulanger dan patissier Perancis dicari oleh toko-toko atau restoran di luar negeri. “Kami menerima lebih dari 150 tawaran kerja per tahun, yang 50% di antaranya berasal dari Amerika Serikat dan Kanada,” ujar Jean-François Astier, Direktur Jenderal Institut Roti dan Kue Nasional Perancis (INBP).

PNG Produsen peralatan pembuat roti juga sangat aktif. Di sektor ini, eksportir Perancis termasuk yang terdepan di dunia, bersama-sama dengan Italia dan Jerman. Menurut VMI, ahli dibidang alat pembuat roti yang 60% omzetnya berasal dari ekspor, negara-negara di Eropa Tengah seperti Rumania, Polandia dan Republik Ceko memiliki potensi industri yang amat besar. Pasar lain yang sedang berkembang adalah Turki. Di negara ini para pabrikan Perancis kini memasarkan produk-produk bernilai tambah guna menghadapi para pesaing lokal yang lebih fokus pada pasaran peralatan kelas menengah ke bawah. Rusia dan Asia terbuka bagi peralatan berteknologi canggih, seperti lemari fermentasi terkontrol dan lemari pembeku. Perusahaan peralatan Mecatherm membidik pasar Amerika Selatan, dengan tetap menjaga kelangsungan bisnisnya di pasar tradisionalnya, yakni Jerman, Spanyol, wilayah Skandinavia, dan tentu saja Amerika Utara yang merupakan “pasar utamanya”.

Dalam masa penuh kekhawatiran akan kondisi ketahanan pangan, terkait dengan bahan-bahan pembuat roti dan kue, produk-produk Perancis memiliki reputasi sangat baik yang menawarkan keunggulannya. Sebagai contoh, grup Lesaffre, pembuat ragi terbesar di dunia, hadir di lima benua dengan tiga puluh pabrik produksi yang tersebar di Eropa, Australia, Cina, Amerika Serikat, Rusia, Ukraina, Turki, Argentina, India, Maroko, Yordania dan Meksiko.

Pameran-pameran banyak memberikan sumbangsih bagi keberhasilan sektor ini. Jika kalangan profesional sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan di luar negeri, ajang-ajang pertemuan di Perancis, seperti Europain di Paris atau Sirha di Lyon juga memiliki reputasi internasional.

Para pembuat roti dan kue Perancis sangat digemari di luar negeri dan itu bukan sekedar masalah pencitraan, namun karena mereka juga berhasil menampilkan kepiawaiannya, buah dari tradisi panjang dan pendidikan mutakhir. Bidang pendidikan dan pelatihan juga laku di pasar ekspor. Institut Roti dan Kue Perancis (Institut National de la Boulangerie Pâtisserie - INBP) menawarkan berbagai pelatihan dan konseling di bidang pembuatan roti, kue, coklat dan katering ke luar negeri. Para pelatih mengunjungi Eropa, Kanada, Aljazair, Brasil, Korea, Jepang, Libanon, Maroko, Nigeria, Peru, Rusia dan pada awal tahun ajaran 2014, mereka akan menawarkan program kursus di Sao Paulo.

Sylvie Thomas

Untuk informasi lebih lanjut, klik:

www.boulangerie.org
www.inbp.com

Diterbitkan pada 08/04/2013

Kembali ke atas