Debat Publik tentang Energi dan Iklim (6 Juni 2015) [fr]


Debat warga dunia tentang energi dan iklim (WWViews on Climate and Energy) merupakan konsultasi masyarakat global, yang menjadi sumber informasi unik mengenai tingkat keterlibatan yang ingin dicapai setiap warga di seluruh dunia, dalam upaya untuk memerangi perubahan iklim dan untuk mendorong lebih jauh transisi energi.

Pada hari yang sama, yakni tanggal 6 Juni, warga masyarakat yang terpilih untuk mewakili keanekaragaman penduduk negara dan wilayahnya masing-masing (sedikitnya 100 orang per negara atau per wilayah) ikut serta dalam diskusi satu hari, yang dimulai dari saat fajar menyingsing di Pasifik hingga terbenam di Amerika. Acara ambisius ini melibatkan sedikitnya 10 ribu warga dari sekitar 100 negara. Setiap peserta menerima informasi mengenai usulan, permasalahan dan ragam opini mengenai energi dan iklim, sasaran dan kebijakan yang diterapkan (sebelum dan pada Hari H). Seluruh perbincangan mengikuti agenda dan prosedur yang sama agar hasil yang diperoleh dapat ditayangkan dan dibandingkan secara optimal.

Para warga menyampaikan pendapatnya tentang serangkaian isu yang sama, secara tertulis, agar dapat memperlihatkan dengan lebih baik kontradiksi yang muncul dalam pelaksanaan selama perundingan iklim/COP dan diskusi politik tentang energi dan iklim secara umum. Hasilnya disiarkan pada waktu nyata melalui internet sehingga dapat diperbandingkan dengan jelas, antar-negara, antara negara maju dan negara berkembang, dsb.

Who is missing in international climate change negotiations ? Citizens !


Di Indonesia, Debat ini berlangsung di Universitas Katolik Atma Jaya. Acara yang didukung oleh Kedutaan Besar Prancis ini diselenggarakan oleh Yayasan PEKA, dan didukung pula oleh AJI, IYD Grup FEMINA dan Universitas Katolik Atma Jaya.

Susunan acara


Debat dihadiri oleh Bapak Rachmat Witoelar, Utusan Khusus Presiden RI urusan Perubahan Iklim, dan Ibu Corinne Breuzé, Duta Besar Prancis.

Hasil debat dapat dilihat pada situs web berikut : http://climateandenergy.wwviews.org/results/

JPEG
JPEG
JPEG
JPEG
JPEG
JPEG

GIF
JPEG

Diterbitkan pada 23/07/2015

Kembali ke atas