Delegasi Kerjasama Regional Perancis untuk ASEAN


Delegasi Kerjasama Regional Perancis untuk ASEAN (DREG) yang sebelumnya berkedudukan di Kedutaan Besar Perancis di Thailand, telah dipindahkan ke Jakarta, ke Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, pada bulan Maret 2012.

Sejak itu, delegasi tersebut bertujuan untuk memulai, mempererat, dan memajukan kerjasama Perancis dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang sekretariatnya berada di Jakarta. ASEAN yang berdiri pada tahun 1967 ini sekarang beranggotakan sepuluh negara : Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Timor Leste merupakan calon anggota ASEAN.

Markas organisasi regional yang ada di Jakarta ini memiliki tiga pilar utama, yakni : (1) masyarakat politik-keamanan, (2) masyarakat ekonomi, dan terakhir (3) masyarakat sosial-budaya. Oleh karena itu DREG pun ingin mengembangkan rencana-rencana kerjasama, bersama-sama dengan sepuluh kedutaan di kawasan ini, yang dapat memperkuat ketiga pilar tersebut sekaligus mempromosikan keahlian Perancis yang perwakilannya ada di kawasan ini (seperti misalnya pusat-pusat penelitian IRD, CIRAD, CNRS, IRASEC, Institut Pasteur, EFEO). Di samping itu, DREG bekerjasama erat dengan lembaga-lembaga regional lainnya (di antaranya Bank Pembangunan Asia/ADB dan Yayasan Asia-Eropa). Oleh karena itu, walaupun kegiatan utama DREG berlangsung di Jakarta, DREG menjalankan proyek-proyek di kesepuluh negara di kawasan ASEAN.

ASEAN menjalin hubungan erat dengan negara-negara lain. Saat ini ada sepuluh negara yang menjadi mitra dialognya, yaitu Australia, Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Kanada, Republik Korea, Rusia, Selandia Baru dan Uni Eropa. Meskipun bukan mitra dialog ASEAN, Perancis telah menandatangani Traktat Persahabatan dan Kerjasama ASEAN (Treaty of Amity and Cooperation in the Southeast Asia/TAC) pada tahun 2007. Selain itu, Duta Besar kami di Jakarta sejak Januari 2009 telah terakreditasi di Sekretariat Jenderal ASEAN.

GIF
Kontak :

Delegasi Kerjasama Regional Perancis di Asia Tenggara (DREG)
Jl. M. H. Thamrin No. 20
Jakarta Pusat 10350
Tel. : (62-21) 2355 7900

Diterbitkan pada 06/11/2014

Kembali ke atas