Dialog Strategis Perancis – Indonesia (Paris, 25 Januari 2014) [fr]

Laurent Fabius, Menteri Luar Negeri, menerima Marty Natalegawa, Menteri Luar Negeri Indonesia, pada tanggal 25 Januari, pada kesempatan sesi dialog strategis kedua.

Dialog tingkat menteri luar negeri ini merupakan bagian dari kemitraan strategis antara Perancis dan Indonesia. Dialog tersebut menunjukkan keinginan Perancis dan Indonesia untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara, berdasarkan komitmen bersama yang menjunjung nilai-nilai demokrasi, hak-hak asasi manusia dan toleransi.

Pembicaraan ini memungkinkan terjadinya pertukaran pandangan yang mendalam tentang hubungan bilateral, menegaskan keinginan untuk mengembangkan suatu hubungan yang mencakup semua sektor, baik itu politik, ekonomi, budaya, pertukaran ahli, pertahanan. Kedua menteri luar negeri yang sama-sama hadir di KTT Genewa II ini, juga membahas isu-isu utama agenda internasional lainnya. Isu tentang perang melawan perubahan iklim yang merupakan prioritas juga diangkat, demi menjamin kesuksesan KTT "Iklim Paris 2015".

Pada kesempatan itu kedua menteri telah menandatangani kesepakatan timbal balik pembebasan visa kunjungan jangka pendek hanya bagi para pemegang paspor diplomatik dan dinas yang akan diberlakukan dalam beberapa bulan mendatang (kesepakatan tersebut tidak berlaku bagi para pemegang paspor biasa).

GIF

Diterbitkan pada 29/01/2014

Kembali ke atas