Duta Besar Perancis berkunjung ke Yogyakarta

Pada kunjungan pertamanya ke Yogyakarta, tanggal 16 dan 17 April 2009, Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Philippe Zeller, bertemu dengan Gubernur Propinsi DIY, Sultan Hamengku Buwono X, serta Bupati Bantul, Bapak Idham Samawi. Topik yang diangkat pada kesempatan itu menyangkut kerjasama budaya, ekonomi dan sosial (khususnya tentang kehadiran berbagai LSM).

JPEG
Duta Besar Perancis bertemu pula dengan masyarakat Perancis yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya pada suatu acara khusus. Masyarakat Perancis di DIY terdiri dari berbagai pengusaha yang bergerak di bidang mebel, LSM, mahasiswa, pengajar dan seniman.

Pada kesempatan kunjungan ini, Duta Besar Perancis mengunjungi Lembaga Indonesia Perancis (LIP) sebagai Pusat Kebudayaan Perancis di Yogyakarta dan sempat menutup secara resmi acara seminar penerjemahan yang diadakan bersama oleh LIP dan Jurusan Sastra Perancis Universitas Gadjah Mada.

Beliau mengingatkan kembali pentingnya kerjasama bahasa dan budaya yang dijalankan Perancis di Indonesia pada waktu berjumpa dengan para pegawai LIP, pengajar bahasa Perancis baik di tingkat universitas (UNY dan UGM) maupun di tingkat menengah atas dan kejuruan (SMA dan SMK).

JPEG
Selain itu, Duta Besar Perancis Philippe Zeller menengok pula beberapa tempat kegiatan seni seperti Jogja Gallery, Cemeti Art House dan Kedai Kebun Forum.

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas