FRANKOFONI 2009 : Acara penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba nasional berbahasa Perancis

Pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2009, jam 18.30 WIB di Hotel HARRIS, Tebet, dalam rangka perayaan Hari Sedunia Frankofoni (penutur bahasa Perancis), Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Bapak Philippe ZELLER, akan memberikan kepada dua mahasiswa jurusan bahasa Perancis penghargaan berupa kunjungan satu bulan di Perancis pada pertengahan tahun 2009.

Dengan lebih dari 200 juta penutur bahasa Perancis di seluruh dunia dan 55 negara anggota Organisasi Internasional Frankofoni (OIF), setiap tahun sekitar tanggal 20 Maret, bahasa Perancis dirayakan di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Tahun 2009 ini, salah satu kegiatan perayaan FRANKOFONI di Indonesia diadakan oleh Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia bersama universitas yang memiliki jurusan S1 bahasa Perancis di Indonesia, berupa lomba berbahasa Perancis yang ditujukan kepada para mahasiswa jurusan Perancis (Universitas Negeri Medan - UNIMED, Universitas Indonesia - UI, Universitas Negeri Jakarta - UNJ, Universitas Padjadjaran - UNPAD, Universitas Pendidikan Indonesia - UPI, Universitas Negeri Semarang - UNNES, Universitas Negeri Yogyakarta - UNY, Universitas Gadjah Mada - UGM, Universitas Hasanuddin - UNHAS). Tema lomba yang dipilih tahun ini adalah ekologi dan usaha-usaha perlindungan lingkungan sebagai wujud rasa bertanggung jawab setiap orang demi menyongsong masa depan yang berkesinambungan.

Lomba ini berlangsung dalam dua tahap :

- Suatu seleksi awal di tingkat universitas untuk menunjukkan seorang wakil untuk setiap departemen Perancis yang akan ikut final nasional di Jakarta. Seleksi dilakukan berdasarkan suatu reportase pendek tertulis dalam bahasa Perancis seputar tema ekologi. Sembilan mahasiswa yang berhak mengikuti final adalah sebagai berikut :

1.Eva Dhany – UNIMED
2.Azzahra Mustavafi – UI
3.Anastasia Rahajeng Restu Tania – UNJ
4.Agusmia Putri Haerani – UNPAD
5.Siti Ditta Sylvana – UPI
6.Hadi Prasetyo Utomo – UNNES
7.Darweni - UNY
8.Inta Fitriya Devi - UGM
9.Fatmawati - UNHAS

- Sembilan peserta final di atas akan melalui presentasi lisan di hadapan juri yang terdiri dari pengajar dan wakil dari Kedubes Perancis pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2009. Hasil perlombaan final akan diumumkan pada sore harinya di Hotel HARRIS Tebet, dengan kehadiran Dubes Perancis untuk Indonesia, pejabat dari DEPDIKNAS serta para dosen bahasa Perancis.

Kedua pemenang (juara 1 dan 2) akan dihadiahkan kunjungan budaya dan kelas bahasa selama satu bulan di Perancis. Peserta final lainnya akan diberikan juga berbagai hadiah sebelum kembali ke kota asal mereka masing-masing.

Siaran pers ini berlaku sebagai undangan bagi para wartawan.

FRANKOFONI 2009 :
Acara penyerahan penhargaan kepada pemenang lomba nasional berbahasa Perancis
Rabu tgl. 25 Maret 2009, jam 18.30 WIB
Hotel HARRIS TEBET, Jalan Dr. Saharjo no.191, Jakarta 12960

Untuk informasi tambahan silahkan menghubungi :
scac.jakarta@gmail.com /
(021) 31 93 17 95 (Dominique)

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas