Frankofoni 2010 : Acara penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba nasional berbahasa Perancis

Hasil lomba nasional berbahasa Perancis tingkat universitas yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia, bekerja sama dengan jurusan bahasa Perancis sebelas perguruan tinggi Indonesia, akan diumumkan pada hari Rabu tanggal 24 Maret 2010 di Hotel AKMANI, jam 18.30 (WIB). Acara ini akan dihadiri oleh Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Bapak Philippe Zeller, perwakilan Kementrian Pendidikan Nasional, beberapa pengajar bahasa Perancis baik dari tingkat perguruan tinggi maupun SMA/SMK, serta Nn. Qory Sandioriva, Puteri Indonesia 2009, yang terdaftar sebagai mahasiswi jurusan bahasa Perancis di Universitas Indonesia.

Lomba ini merupakan salah satu kegiatan perayaan hari FRANKOFONI sedunia 2010 di Indonesia dan ditujukan kepada para mahasiswa 11 universitas yang memiliki jurusan Perancis yaitu (Universitas Negeri Medan - UNIMED, Universitas Indonesia - UI, Universitas Negeri Jakarta - UNJ, Universitas Padjadjaran - UNPAD, Universitas Pendidikan Indonesia - UPI, Universitas Negeri Semarang - UNNES, Universitas Negeri Yogyakarta - UNY, Universitas Gadjah Mada - UGM, Universitas Brawijaya – UNIBRA, Universitas Hasanuddin – UNHAS, Universitas Negeri Manado - UNIMA). Tema lomba yang dipilih tahun ini adalah “Kehidupan di Kotaku”.

Tahap pertama lomba ini merupakan seleksi di tingkat universitas masing-masing untuk menunjuk sebelas peserta final nasional yang akan mewakili universitas mereka. Proses seleksi melalui penulisan suatu reportase pendek mengenai kehidupan sehari-hari di kota mereka. Dengan cara ini, para mahasiswa diajak untuk melihat dan merenungkan dunia yang mengelilingi mereka dengan sudut pandang yang berbeda, sebagai pengamat yang berjarak sekaligus sebagai warga yang terlibat langsung dalam masyarakat. Final lomba untuk tingkat nasional akan berlangsung di Jakarta, pada tanggal 24 Maret, kesebelas finalis akan melakukan presentasi lisan di hadapan juri yang terdiri dari pengajar bahasa Perancis dan wakil Kedutaan Besar Perancis. Tiga mahasiswa pemenang lomba nasional berbahasa Perancis ini akan diberikan penghargaan berupa kunjungan budaya dan linguistik selama satu bulan di Perancis pada pertengahan tahun 2010.

Kesebelas finalis lomba nasional berbahasa Perancis tahun ini adalah :

1. Sdri. Jahna Br Munthe, UNIMED (Medan)
2. Sdri. O’Lita Elea, UNJ (Jakarta)
3. Sdra. Rio Saptaniar, UI (Jakarta)
4. Sdra. Galuh Basundhoro, UNPAD (Bandung)
5. Sdri. Gabriela Yanti Bakara, UPI (Bandung)
6. Sdra. Nico Yan Aditya, UNNES (Semarang)
7. Sdri. Ridha Sri Wianti, UGM (Yogyakarta)
8. Sdri. Siti Choirunisa, UNY (Yogyakarta)
9. Sdra. Bastian Dwiyan, UNIBRA (Malang)
10. Sdri. Indira Khairunnisa Sjattar, UNHAS (Makassar)
11. Sdra. Refol Malimpu, UNIMA (Manado)

Patut dicatat bahwa tahun ini, para siswa sekolah menengah atas turut dilibatkan dalam suatu lomba berbahasa Perancis khusus buat mereka, lima siswa pemenang akan menerima berbagai hadiah pada acara yang sama.

Selain lomba berbahasa Perancis, berbagai kegiatan budaya (pameran, pemutaran film, konser dll.) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar negara Frankofon di Jakarta (Belgia, Kanada, Perancis dan Swiss) serta Pusat Kebudayaan Perancis (CCF Jakarta), bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta, akan dilaksanakan selama sepekan, dari tanggal 22 sampai dengan 27 Maret 2010.

Perayaan Frankofoni menjadi kesempatan pula untuk menggiatkan hubungan kerjasama dalam bidang pengajaran bahasa Perancis di Indonesia, melalui seminar dan lokakarya, pada tanggal 22 dan 23 Maret, bertema hubungan antar-budaya, dengan pembicara Ibu Florence Pelligrini dari CIEP (Pusat International kajian pedagogis) Paris, yang ditujukan kepada pengajar dan mahasiswa bahasa Perancis. Di samping itu, sebuah lokakarya untuk memperkenalkan berbagai perusahaan Perancis ternama kepada direktur sekolah menengah atas dan para penanggungjawab dari Kementrian pendidikan nasional, akan diadakan pada tanggal 23 Maret, sebagai wadah pemikiran prospek pengembangan pengajaran bahasa Perancis untuk kebutuhan profesional di Indonesia.


Siaran pers ini berlaku sebagai undangan bagi para wartawan.


FRANKOFONI 2010 :
Acara penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba berbahasa Perancis tingkat nasional
Rabu tgl. 24 Maret 2010, pukul 18.30 WIB
Hotel AKMANI, Ruang Terrazza Bianco,
Jalan Wahid Hasyim no.91, Jakarta Pusat

Diterbitkan pada 22/03/2010

Kembali ke atas