Goût de France / Good France [fr]

1500 koki, 1500 menu, 150 duta besar di 5 benua….
1 jamuan makan malam untuk merayakan seni tataboga Perancis di seluruh dunia

JPEG

Setelah meraih sukses besar pada penyelenggaraannya yang pertama Goût de France/Good France diselenggarakan kembali di tahun 2016 pada tanggal 21 Maret mendatang, dengan harapan bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin setiap musim semi.

Goût de France yang diprakarsai oleh Alain Ducasse serta Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Perancis ini mengedepankan seni hidup Perancis, produk lokal Perancis dan mempromosikan daerah tujuan wisata Perancis. Lebih dari sebelumnya gastronomi menjadi unsur utama daya tarik wisata Perancis.

Terinspirasi oleh Auguste Escoffier yang memelopori acara jamuan makan malam amal « les Dîners d’Epicure », dengan menu yang sama, pada hari yang sama di sejumlah kota di dunia dan disajikan bagi sebanyak mungkin tamu, Goût de France mengambil ide cemerlang ini dan melibatkan restoran-restoran di empat penjuru dunia.

Lebih dari 1500 koki di lima benua merayakan sekali lagi keunggulan seni tata boga Perancis dan nilai-nilai berbagi seputar menu khusus, yakni resep-resep yang terinspirasi oleh know-how Perancis. Restoran yang turut berpartisipasi diundang untuk mempersiapkan menu mereka sesuai dengan urutan berikut: aperitif dan makanan kecil, hidangan pembuka, hidangan utama, keju, hidangan penutup bersama anggur dan sampanye Perancis.

Setiap resep merupakan hidangan yang menggunakan sedikit lemak, gula dan garam, karena sangat memerhatikan konsep ‘makan dengan baik’ dan ramah lingkungan. Harga yang ditawarkan sesuai dengan kebijaksanaan setiap restoran yang berkomitmen akan mendermakan 5% hasil penjualannya kepada LSM setempat yang berkecimpung di bidang kesehatan dan lingkungan hidup.

Di luar restoran peserta, kedutaan-kedutaan Perancis juga akan ambil bagian dalam kegiatan ini dengan menyelenggarakan jamuan makan malam di kediaman duta besar.

Sejak 28 Januari 2016, seluruh restoran peserta ditampilkan di laman www.goodfrance.com. Di lima benua, setiap orang dapat memperoleh informasi mengenai restoran di kota atau di negaranya yang turut serta dalam kegiatan ini. Sejumlah koki sudah memasukkan menu yang mereka tawarkan di situs internet sehingga semua dapat membayangkan hidangan makan malam apa yang akan mereka nikmati pada tanggal 21 Maret. Cukup dengan membuat reservasi langsung ke restoran pilihannya. Mengingat banyaknya restoran yang ingin berpartisipasi dalam program ini, pendaftaran dibuka hingga tanggal 22 Februari. Panitia akan menambahkan daftar restoran tambahan tersebut.

Datanglah pada tanggal 21 Maret 2016 ke satu dari 1500 restoran yang ikut memeriahkan acara ini untuk menikmati sajian yang ditawarkan oleh para chef , temukan dan buktikan sendiri keandalan dan kreativitas mereka.

Diterbitkan pada 16/03/2016

Kembali ke atas