Goût de France / Good France : Siaran Pers [fr]

Pada tanggal 19 Maret 2015, serentak di 150 negara di seluruh penjuru dunia, restoran dan kedutaan besar Perancis akan mempersembahkan total 1500 santapan makan malam bagi masyarakat setempat dalam rangka merayakan gastronomi Perancis dan nilai-nilai kebersamaan yang terkandung di dalamnya.


PNG

The Goût de/ Good France dipelopori oleh chef Perancis terkemuka, Alain Ducasse dan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Perancis.

Dalam sambutannya Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional, Laurent Fabius mengatakan bahwa Perancis memiliki warisan kekayaan kuliner dan anggur pilihan. Sejak tahun 2010, sajian gastronomi Perancis masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Warisan ini bukan sekadar untuk dibanggakan tetapi untuk terus menjadi pijakan pengembangan dan penyebarluasan ke seluruh dunia.

Chef Alain Ducasse, yang menjadi motor acara ini pun berkata bahwa kekayaan kuliner Perancis terletak pada harmonisasi makanan dan lingkungan hidup serta semangat berbagi dan kecintaan pada keindahan dan sajian penggugah selera.

The Goût de/ Good France terinspirasi oleh acara “Diners d’Epicure” (Epicurean Dinners) yang diprakarsai oleh Auguste Escoffier pada tahun 1912 yaitu perhelatan makan bersama dalam satu hari dengan menu yang sama di sebanyak mungkin kota dan sebanyak mungkin jamuan. Gagasan inilah yang dibawa dengan melibatkan restoran-restoran di seluruh dunia.

Tiap juru masak akan menawarkan sajian ala Perancis di restoran masing-masing dengan urutan: makanan pembuka dingin dan panas, lalu sajian ikan atau kerang, daging atau ayam, keju Perancis, makanan pencuci mulut dengan sentuhan coklat, anggur Perancis dan aneka makanan penutup lainnya, namun tetap memberi ruang kebebasan untuk mengangkat tradisi kuliner dan seni budaya masing-masing.
Acara ini terbuka bagi beragam jenis restoran, dari bistro hingga restoran unik, yang siap menyajikan santapan berbasis produk lokal yang segar dengan kadar lemak, gula dan garam yang rendah.

Terkait harga menu yang ditawarkan, tiap-tiap restoran menentukannya sendiri namun semua dihimbau untuk mendonasikan 5% dari seluruh proses untuk disumbangkan pada NGO lokal yang aktif mempromosikan kesehatan dan lingkungan.

GIF

Sebuah Perjalanan Gastronomi


Perancis mengundang dunia untuk bersama-sama berkelana bersama lebih dari 1500 juru masak dari berbagai penjuru dunia yang akan mempersembahkan bakat dan keahlian mereka dalam mengolah kekayaan gastronomi Perancis dalam bentuk sajian dengan lebih dari 1500 menu.

Mulai 21 Januari 2015, seluruh restoran yang berpartisipasi dapat dilihat melalui situs www.good-france.com

Sebagian besar juru masak telah memasukkan menu masing-masing dalam situs tersebut sehingga siapapun dapat mengidentifikasi restoran mana saja yang berpartisipasi di kota dan negara masing-masing.

Perjalanan gastronomi ini menandai dua aspek penting dalam budaya Perancis yaitu mempromosikan kekhasan lokal dan keterbukaan pada dunia. Inilah kesempatan untuk berbagi nilai-nilai yang dipegang erat oleh masyarakat Perancis dengan sebanyak mungkin orang: keramahan dan penghormatan pada bumi dan seluruh sumber daya yang dikandungnya serta tentu saja kesenangan. Gastronomi kini menjadi aspek utama bagi Perancis dan budayanya. Gastronomi juga yang menjadi faktor penarik bagi 60% turis yang mengunjungi negeri Perancis.

Di Indonesia, The Goût de/ Good France hadir di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Bali.

Di Jakarta, lima restoran akan berpartisipasi :
- Amuz Gourmet,
- Eric Kayser,
- Hotel Bodobudur,
- Le Petit Montmartre
- Restaurant Emilie.

Tiap restoran akan menyuguhkan menu khas Perancis yang berbeda satu sama lain.

Selain di restoran-restoran yang berpartisipasi, kedutaan besar Perancis di berbagai negara, termasuk di Indonesia, turut serta menyajikan santapan makan malam di kediaman duta besar Perancis.

JPEG

Wawancara dengan Laurent Fabius:

JPEG

Wawancara dengan Alain Ducasse:

JPEG

Restoran di Indonesia yang berpartisipasi:

PNG

JPEG

The Goût de/ Good France diprakarsai oleh Alain Ducasse dan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Perancis.

JPEG


Tautan :
www.goodfrance.com
http://twitter.com/good_france
http://www.facebook.com/projetgoodfrance
Instagram: Good_France

Informasi lebih lanjut:
Dwi Setyowati
Atase Pers Institut Français d’Indonésie (IFI)
Kedutaan Besar Prancis di Indonesia
Jl. MH Thamrin 20, Jakarta 10350
T. +62 21 23 55 79 31
P. +62 85 84 23 59 850
www.ifi-id.com

Diterbitkan pada 18/03/2015

Kembali ke atas