Hari Anti-Hukuman Mati Sedunia, 10 Oktober

Kampanye sedunia penghapusan universal hukuman mati


Penghapusan hukuman mati di seluruh dunia merupakan perjuangan jangka panjang, dan kemajuannya terlihat di seluruh benua. Beberapa tahun terakhir ini, perang melawan pelaksanaan hukuman mati mencatat sejumlah kemenangan, dengan dihilangkannya hukuman mati di beberapa negara dan terjadinya tren penurunan jumlah hukuman mati dan eksekusi di seluruh dunia. Selama 20 tahun terakhir, lebih dari 50 negara telah menghapuskan hukuman mati dalam perangkat hukum mereka.

Sampai hari ini, 99 negara telah menghapus hukuman mati untuk pelaku segala bentuk tindak pidana, 8 negara untuk pelaku tindak pidana umum, dan 33 negara menjalankan moratorium eksekusi hukuman mati. Dengan demikian jumlah total negara yang menghapus hukuman mati, baik secara de facto maupun de jure, mencapai 140 negara. Namun, hukuman ini masih tetap diberlakukan di 58 negara dan wilayah.

Meskipun demikian, apabila di satu sisi upaya untuk menghapus hukuman mati berhasil mencatat berbagai kemenangan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (pengesahan resolusi dua tahunan Majelis Umum PBB yang menyerukan moratorium universal hukuman mati dan keberhasilan inisiatif kami di Dewan Hak Asasi Manusia pada bulan Maret 2013), laporan pada tahun 2012 dan awal tahun 2013 menunjukkan hasil yang kurang memuaskan bahkan mengecewakan.

Sejak tahun 2012, dua puluh sembilan negara melaksanakan hukuman mati dan tercatat adanya 628 eksekusi oleh Amnesty International pada tahun 2012, hampir sama banyaknya dengan yang tercatat pada tahun 2011. Tahun 2012 juga menandai adanya peningkatan jumlah pelaksanaan hukuman mati di negara-negara yang masih ngotot memberlakukan hukuman ini. Selain itu, kendati Mongolia dan Benin telah menghapus hukuman mati, Jepang, Gambia, India, Indonesia, Kuwait, Pakistan, Afghanistan dan Nigeria telah secara de facto memutuskan moratorium yang mereka jalankan sejak bertahun-tahun.

Seminar tingkat Parlemen di Paris

Pada tanggal 10 Oktober mendatang akan diselenggarakan peringatan hari anti hukuman mati sedunia yang ke-10. Tercetus pada tahun 2003 atas prakarsa masyarakat sipil, hari anti-hukuman mati sedunia ini diakui secara resmi oleh Uni Eropa dan Dewan Eropa pada tahun 2007.

Dalam kesempatan peringatan hari anti-hukuman mati sedunia ini, sebuah seminar tingkat parlemen akan diselenggarakan di Paris, berkat kerjasama antara Asosiasi “Bersama kita melawan hukuman Mati”, Assemblée Nationale (Majelis Nasional) dan Sénat (DPD) Perancis, pada tanggal 9 dan 10 Oktober. Seminar tersebut akan diikuti oleh para wakil rakyat dari sepuluh negara Afrika Utara dan Timur Tengah. (Mauritania, Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Mesir, Palestina, Libanon, Yordania, Irak). Dengan memanfaatkan mobilisasi dan aneka pengalaman para peserta, dan mengandalkan dialog dengan para anggota parlemen Perancis serta perwakilan masyarakat sipil negara-negara yang diundang, seminar tersebut akan menjadi ajang untuk membahas tantangan penghapusan hukuman mati, strategi untuk keberhasilan perjuangan ini dan peranan kunci para anggota parlemen sebagai pelaku dan pencetak perubahan.

GIF
Situs terkait :
- France and death penalty
- EU Guidelines on Death Penalty
- EC adhoc report "Delivering on the Death Penalty - Highlights of the Semester (January-June 2013)"
- EIDHR Factsheet "Voices of Victims Against the Death Penalty"
- EIDHR report 2010 "The Death Penalty Worldwide"
- Amnesty International report "Death Sentences and Executions 2011"
- Death Penalty database
- Protocol to the American Convention on Human Rights to abolish the death penalty
- COE Protocol No 13
- COE Protocol No 6
- Wikipedia on UN moratorium on the death penalty
- UN Special Rapporteur on extrajudicial, summary or arbitrary executions
- The World Coalition agains the Death Penalty

Videos :
- Bryan Stevenson (PRI’s Chairperson) – Racism and the Death Penalty
- Amnesty International – Video Campaigns Against the Death Penalty
- Interview with Martina Correia, sister of Troy Davis (executed, 2011)
- China – Sky News Death Row Documentary, October 2006
- Death Penalty information centre
- Interview with Director of Reprieve

Diterbitkan pada 07/10/2013

Kembali ke atas