Jamuan makan siang bisnis bersama para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi (April 2014)

Dalam semangat untuk mempererat penawaran dagang Perancis di Indonesia, UBIFRANCE telah menyelenggarakan jamuan makan siang bisnis di kediaman Duta Besar Perancis, yang dihadiri oleh Y.M. Ibu Duta Besar, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Indonesia, dan juga kalangan profesional maupun para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi.


JPEG
Acara tersebut memiliki dua tujuan. Pertama untuk memperkenalkan keahlian Perancis ke pasar industri teknologi informasi dan komunikasi Indonesia, dengan demikian keunggulan perusahaan-perusahaan Perancis. Kedua untuk merumuskan poros kerja sama antara kedua negara kita, di bidang pembelajaran elektronik (e-pembelajaran atau e-learning).

Selama berlangsung perbincangan, terlihat bahwa Indonesia sedang menghadapi beberapa kesulitan dan kendala dalam pengembangan system pembelajaran elektronik, terutama yang berkaitan dengan masalah infrastruktur. Hal ini disampaikan oleh para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi Indonesia yang hadir pada acara jamuan, seperti MASTEL dan TELKOM Indonesia.

Kurangnya lebar pita (bandwidth) di luar Jakarta dan terbatasnya kesadaran pada sebagian perusahaan-perusahaan menghambat kreativitas dan inovasi. Penawaran Perancis diwakili oleh SOFRECOM Indonesia (anak perusahaan ORANGE) dan ALCATEL-LUCENT yang sempat berbagi pengalaman maupun keahlian mereka.

Acara tukar pikiran ini akan menjadi wadah menyampaikan keinginan untuk menjalin kerja sama yang lebih erat antara Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia maupun para pelaku utama di sektor industri teknologi informasi dan telekomunikasi, dengan tujuan membentuk kelompok-kelompok kerja bertema sistem pembelajaran elektronik (e-learning).

Diterbitkan pada 17/04/2014

Kembali ke atas