KTT Elysée untuk Perdamaian dan Keamanan Afrika

Presiden Republik Perancis, François HOLLANDE, akan memimpin KTT Elysée untuk Perdamaian dan Keamanan Afrika, yang akan berlangsung di Paris pada tanggal 6 & 7 Desember 2013, dan dihadiri sekitar empat puluh kepala negara dan kepala pemerintahan, serta delegasi negara-negara Afrika.


JPEG Penyelenggaraan KTT Elysée tersebut pernah diumumkan oleh Presiden Republik Perancis dalam KTT Uni Afrika di Addis-Ababa, bulan Mei lalu. Agenda KTT merupakan hasil dialog panjang antara Perancis, Uni Afrika dan para anggotanya, organisasi-organisasi regional, dan semua negara peserta.

Perancis memutuskan untuk menjadikan KTT tersebut sebagai forum untuk membahas masalah perdamaian, keamanan, dan pembangunan, guna memenuhi keinginan negara-negara Afrika untuk membentuk pasukan reaksi cepat, agar mereka dapat menjamin keamanan mereka sendiri, dan untuk menjawab pentingnya tantangan pembangunan guna menghindari konflik serta menjamin keamanan di benua tersebut.

Presiden Republik Perancis ingin menunjukkan dukungan Perancis kepada organisasi-organisasi regional Afrika dengan memberikan pengakuannya atas legitimasi politik dan kemampuan utama mereka di bidang penjagaan perdamaian, keamanan, dan pembangunan.

JPEG
Persiapan KTT tersebut ditandai dengan musyawarah yang luas bersama dengan negara-negara yang diundang dan dengan sejumlah mitra, yaitu lembaga-lembaga internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, Uni Afrika, dan komunitas regional.

KTT tersebut bertujuan merumuskan sejumlah komitmen, bersama dengan para kepala negara, demi mempersiapkan agenda internasional mendatang, agar dapat diwujudkan dalam aksi nyata.

Sebanyak 54 negara dari Benua Afrika diundang oleh Presiden Perancis. Sekitar empat puluh kepala negara dan kepala pemerintahan, serta Sekjen PBB Bapak BAN Ki Moon, Ketua Dewan Eropa Bapak VAN ROMPUY, Presiden Komisi Eropa, Bapak BARROSO, dan Presiden Komisi Uni Afrika Ibu ZUMA, menjadi saksi keinginan seluruh pemangku kepentingan tersebut untuk memperdalam dan memajukan inisiatif-inisiatif yang terkait dengan ketiga tema KTT.

Format KTT mirip dengan format KTT G20, sesi kerja akan berlangsung dalam pertemuan tertutup, yang diikuti oleh para ketua rombongan dalam pertemuan meja bundar, yang memungkinkan terjadinya pertukaran gagasan substansial dan diskusi. Uni Afrika dan lembaga-lembaga regional akan menyampaikan pendapatnya di sana, yang disuarakan oleh para pemimpin mereka.

GIF
Informasi lebih lanjut : http://sommet-afrique.elysee.fr/

Dokumen pelengkap :
- Press kit
- Summit programme
- Daftar Pemimpin Delegasi (Liste des chefs de délégation)

Diterbitkan pada 06/12/2013

Kembali ke atas