Kegandrungan pada Anggur dan Spirits Perancis !

Tahun 2012 merupakan tahun kejayaan bagi minuman anggur dan spirits (Liquor, minuman berkadar alkohol tinggi yang dibuat melalui proses fermentasi, dilanjutkan dengan distilasi) buatan Perancis, di pasar internasional. Angka penjualan meningkat dan para investor asing menanamkan modalnya di perkebunan-perkebunan anggur Perancis. Para ahli pembuat anggur Perancis pun diburu untuk mengembangkan kebun anggur di seluruh dunia.

Minuman Anggur dan spirits Perancis amat populer. Angka penjualannya di tahun 2012 mencerminkan posisinya yang sehat di pasaran. Menurut Federasi Eksportir Anggur dan Spirits (FEVS), laba dari ekspor meningkat menjadi 11,15 miliar euro (naik 10%) dibandingkan tahun 2011 yang juga mengalami peningkatan dengan persentase yang sama. Anggur membukukan angka penjualan 7,6 milyar euro (+8,5%) sedangkan spirits 3,5 miliar euro (+13,5%). Perancis menjual dua setengah milyar botol per tahun dan peningkatan nilai produk (+10%) melampaui peningkatan volume ekspor (+1,6%). Dengan demikian, para pembeli dari luar Perancis tidak ragu membayar amat mahal anggur bermutu tinggi buatan Perancis kesayangan mereka.

Berkat kekuatan yang terdiri dari 500 lebih perusahaan eksportir, anggur dan spirits mempertahankan posisi mereka di urutan kedua produk yang mengalami surplus neraca perdagangan, di belakang industri pesawat terbang, dan di depan produk minyak wangi dan kosmetika. Industri minuman sendiri saja mewakili 86% surplus neraca perdagangan di sektor agribisnis Perancis.

JPEG Negara sasaran ekspor tetap terkonsentrasi : sepuluh tujuan utama mewakili 75% nilai total ekspor kami. Amerika Serikat masih merupakan pasar ekspor terbesar, dengan nilai total lebih dari 1,9 milyar euro (+13,1%) ; dan anggur mengalami peningkatan yang lebih signifikan (18%) dibandingkan dengan spirits (+8%). Peringkat berikutnya diduduki oleh Kerajaan Inggris dengan 1,5 milyar euro (+5,7%) dan Cina dengan 1 milyar euro (+17%). Peningkatan tertinggi tercatat oleh pasar Rusia (+37%), Australia (+32%), dan Taiwan (+25%). Secara keseluruhan, pasar Uni Eropa hanya merupakan 41% dari total ekspor, dibandingkan dengan tahun 2010 yang mencapai 50%. Pembagian tersebut merupakan gambaran sempurna dari dinamisme pasar di luar kawasan Eropa yang sedang stagnan, terutama di Asia.

Untuk anggur, Bordeaux (+15% nilainya) dan Champagne (+4,7%) mewakili 60% jumlah total ekspor, jauh mengungguli Bourgogne (6% ekspor, +8,8%). Jika Champagne sangat populer terutama di Asia, Crémant de Bourgogne, khususnya, menggoda konsumen Amerika, Swedia, Belgia dan Jepang, dengan peningkatan penjualan mencapai 25% per tahun.

Dengan nilai ekspor sekitar 2,4 milyar euro (+17,1%), Cognac mencakup lebih dari 2/3 penjualan spirits (liquor) di seluruh dunia. Pasar utamanya adalah Amerika Serikat (dengan 924 juta euro, naik sekitar +8%), Singapura (562 juta euro, +26%) dan Cina (471 juta euro, +26,3%). Menarik untuk dicatat bahwa dengan lebih dari 372 juta nilai ekspor (+2,6%) Vodka merupakan produk minuman spirits nomor dua yang paling laku di dunia.

Perkebunan anggur yang paling dicari di dunia

Apabila penjualan anggur dan spirits berjalan baik, para investor asing pun meminati kebun-kebun anggur Perancis. Yang paling giat adalah investor dari Cina. Di daerah Bordeaux, lebih dari tiga puluh akuisisi yang terjadi sejak tahun 2011 dilakukan oleh mereka, dan negosiasi sedang berlangsung dengan nilai dua kali lipat dari jumlah tersebut. Para pembeli baru ini tidak tertarik dengan jenis anggur yang ternama, grand cru classé, dan lebih suka membidik merek anggur menengah yang dapat dibeli dengan nilai rata-rata 5 juta euro, sedangkan nilai anggur bermutu tinggi (grand cru) dapat mencapai harga 20 kali lipat lebih tinggi. Di tahun 2012 para investor Cina juga menanamkan modal di Bourgogne, melalui akuisisi Château de Gevrey Chambertin senilai 8 juta euro.

Investor asing lainnya mengikuti jejak Cina, khususnya para pemodal Jepang yang meminati terutama daerah Bordeaux, lalu para pemodal Inggris, Amerika dan Belgia.

Suatu Keahlian yang Diakui

JPEG Jika para pemodal asing di Perancis mengandalkan saran dari para petani anggur lokal yang berpengalaman, para pemodal yang ingin memproduksi anggur di negara mereka meminta pun bantuan keahlian kalangan profesional dari Perancis. Jumlah duta anggur, lulusan perguruan tinggi yang masih berusia muda atau ahli yang terkenal, sangatlah banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Mereka bekerja di Argentina, Chili, dan Peru di kaki pegunungan Andes, mereka membuat anggur bermutu di Selatan Australia dan juga di Armenia, Kanada, Amerika, tak lupa di kawasan Eropa (Spanyol, Portugal, Rumania, Itali) Para ahli anggur Perancis mulai banyak dicari di India dan Cina, negara yang produksi anggurnya mengalami peningkatan eksponensial.

Sylvie Thomas

www.fevs.com

Diterbitkan pada 01/05/2013

Kembali ke atas