Kegiatan LSM Triangle Génération Humanitaire di Timor Leste : Akses terhadap Air dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga terhadap Perempuan

JPEG Badan Perancis untuk Pembangunan (AFD) telah memberikan subsidi sebesar 256 ribu € dalam rangka proyek peningkatan pelayanan air bersih dan sanitasi (2012 – 2014) di distrik Oecussi, yang pelaksanaannya dilakukan oleh LSM Triangle. Pendanaan tersebut mencakup 10% dari biaya keseluruhan proyek tersebut.

Uni Eropa berkontribusi dengan menggelontorkan 75% dana bagi proyek tersebut.

Tujuannya adalah memperbaiki secara berkelanjutan akses terhadap air bersih, infrastruktur sanitasi dasar dan pola hidup bersih yang memadai bagi masyarakat di 13 desa, di distrik Oecusse.

Sebanyak 10 ribu orang akan dapat mengakses air bersih dan menjadi sasaran kegiatan penyuluhan yang bertujuan meningkatkan kesadaran hidup sehat dan penggunaan air secara bijak.

Lebih dari seratus orang (anggota komite pengelolaan air pedesaan, personil LSM mitra lokal, dan personil dari bagian pelayanan air dan sanitasi propinsi) masih terus menerima pelatihan khusus yang dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola dan mengoperasikan infrastruktur yang baru dibangun.

Sejak bulan Desember 2013, Uni Eropa juga memberikan bantuan pembiayaan yang mencapai 85%, atau sebesar 600 ribu € bagi program lain yang menyoroti kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan.

Perwakilan Kedutaan Besar Perancis di Dili akan turut pula menyumbang dana bagi proyek yang dijalankan oleh LSM Triangle Génération Humanitaire.

10 ribu orang akan mendapat manfaat dari pelaksanaan proyek tersebut mulai dari pengetahuan, kesadaran akan hak asasi dan juga akses terhadap sistem peradilan.

GIF

Untuk keterangan lebih lanjut tentang Triangle Génération Humanitaire di Timor Leste, klik : http://www.trianglegh.org/AssociationHumanitaire/Francais/html/Informations/Newsletter-Jan-2014/TriangleGH-Timor-Leste.html

Diterbitkan pada 20/01/2014

Kembali ke atas