Komitmen Perancis dalam Perang Melawan Eksploitasi Seksual Anak di Bawah Umur

Pada tanggal 28 s.d. 30 Oktober 2012, Bagian Kerjasama Kepolisian Kedutaan Besar Perancis menyelenggarakan seminar regional bertajuk perang melawan eksploitasi seksual anak di bawah umur. Kegiatan tahunan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat ECPAT dan Terre des Hommes, serta didukung oleh grup ACCOR dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Acara yang diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol ini diikuti lebih dari 175 orang peserta yang berasal dari empat belas negara dan enam organisasi internasional.

JPEG Tema yang dipilih tahun ini merupakan permasalahan yang sangat aktual, yakni penggunaan Internet dalam kejahatan eksploitasi seksual anak di bawah umur. Melalui presentasi 26 orang ahli, di antaranya Ibu Chantal Zarlowsky, Ketua Kelompok Perlindungan Anak Kantor Pusat Represi Kekerasan terhadap Orang di Bareskrim Perancis ; Bapak Mick Miran, ahli internasional di bidang tersebut dari Interpol (Lyon), dan beberapa orang perwakilan dari kepolisian, pengadilan, kejaksaan, LSM maupun perusahaan swasta seperti Microsoft dan Facebook, diskusi yang terjadi amat lah menarik.

Perancis memainkan peranan sebagai pelopor. Sejumlah negara lain telah memutuskan untuk bergabung dengannya, demi memperkuat persatuan dan mobilisasi yang diperlukan dalam upaya membendung momok yang masih belum banyak diketahui di wilayah ini.

Diterbitkan pada 11/12/2012

Kembali ke atas