Konferensi ASEM ke-7, Beijing 24-25 Oktober 2008

Konferensi pers yang diselenggarakan bersama pada tanggal 20 Oktober oleh Kedutaan Besar Perancis, Delegasi Komisi Eropa dan Direktorak Kerjasama Antar Kawasan Amerika dan Eropa Departemen Luar Negeri, memberi kesempatan kepada Duta Besar Philippe Zeller, Kuasa Usaha Delegasi Komisi Eropa Pierre Philippe, dan Direktur Kerjasama Antar-Kawasan Dian Wirengjurit, menyampaikan informasi mengenai KTT ASEM ke-7 yang akan berlangsung di Beijing pada tanggal 24 dan 25 Oktober yang mengangkat tema “Vision and Action : Towards a Win-Win Solution”. Hampir seluruh negara Asia dan Eropa akan berkumpul di Beijing mewakili setengah PDB dunia, tidak kurang dari 60% umat manusia dan 60% perdagangan global.

KTT ASEM ke-7 yang awalnya diprakarsai oleh Perancis dan Singapura pada tahun 1996 ini merupakan ajang, bagi para pemimpin ke 43 negara Asia dan Eropa dan juga Sekretariat ASEAN serta Komisi Eropa, untuk bertukar pikiran tentang tantangan global utama yang dihadapi oleh masyarakat kedua wilayah : perdamaian dan stabilitas internasional, pembangunan berkesinambungan, hak asasi manusia, perubahan iklim, ketahanan energi dan pangan, masalah perniagaan, pemberantasan terorisme. Masalah krisis keuangan juga akan dimasukkan dalam agenda pembahasan.

Sejumlah pertemuan bilateral akan diselenggarakan di sela-sela KTT. Pertemuan tingkat menteri yang akan dipimpin oleh Bernard Kouchner, Menteri Luar Negeri Perancis, dan Hassan Wirajuda, Menteri Luar Ngeri Indonesia akan dihadiri oleh para perwakilan Troïka Eropa (Presiden Uni Eropa, Komisi Eropa dan Republik Ceko) dan Indonesia.

JPEG

selengkapnya

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas