Konferensi Pers Goût de France/Good France (15 Maret 2016) [fr]

Institut Prancis di Indonesia (IFI) - Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) kembali menggelar rangkaian acara “Goût de France/ Good France” di Jakarta pada 20-21 Maret 2016.


Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuzé mengatakan, “Goût de France/ Good France ditandai dengan makan malam serentak di 1500 restoran di 5 benua untuk memberikan apresiasi pada kuliner Prancis dengan menghidangkan resep-resep khas Prancis dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya: semangat berbagi, kebersamaan, kebahagiaan untuk berkumpul dan menyantap hidangan yang sehat. Pada edisi kedua Good France di Indonesia, 22 restoran akan berpartisipasi di Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Surabaya. Inilah saat yang tepat untuk mengekslorasi hidangan Prancis yang khas yang sejak 2010 diakui dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Secara pribadi saya ucapkan kepada masyarakat Indonesia, ‘Bon appétit !’“

JPEG
Dipelopori oleh chef Prancis terkemuka Alain Ducasse dan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Prancis, acara ini sekaligus merayakan masuknya gastronomi Prancis dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Perhelatan tahunan ini jatuh pada tanggal 21 Maret di Prancis dan seluruh dunia sekaligus menandai datangnya musim semi.

JPEG
Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia sekaligus Direktur Institut Prancis di Indonesia (IFI), Marc Piton menambahkan, “Di Indonesia, 22 restoran akan berpartisipasi dengan persembahan sajian kuliner Prancis. Penyelenggaraan untuk kedua kalinya ini menunjukkan ketertarikan yang tulus dari masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan Prancis khususnya di bidang gastronomi. Good France dengan demikian menjadi simbol persahabatan Indonesia-Prancis di mana chef asal Prancis maupun Indonesia bergabung bersama untuk berbagi kepada publik. Acara ini juga menjadi salah satu awal ketertarikan dan keingintahuan akan budaya Prancis dan pemahaman atas kedua negara di masa depan.

JPEG
Sebagai warisan budaya dan identitas mereka, masyarakat Prancis mengganggap tradisi gastronomi atau makan-makan sebagai elemen penting. Tradisi makan-makan tersebut telah lama menjadi praktik sosial yang biasanya mereka lakukan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup, seperti pernikahan dan ulang tahun. Praktik tersebut mengeratkan hubungan antar individu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan. Pada saat makan-makan, semua teman atau anggota keluarga berkumpul mengelilingi sebuah meja dan menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk mempraktikkan seni “makan yang baik”. Seni makan ini adalah sebuah ritual yang dimulai sejak perancangan menu, pembelian bahan-bahan lokal dengan kualitas terbaik, sampai pemadupadanan hidangan dengan wine yang disajikan.

Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Prancis, Laurent Fabius mengatakan; “Kekayaan gastronomi Prancis terletak pada harmonisasi proses pembuatan makanan dengan lingkungan hidup dan kesehatan, semangat berbagi, kecintaan pada keindahan dan sajian penggugah selera. Goût de France/Good France merangkul lebih dari 1500 juru masak dari berbagai penjuru dunia yang akan mempersembahkan bakat dan keahlian mereka dalam mengolah kekayaan gastronomi Prancis dalam bentuk sajian dengan lebih dari 1500 menu.

Konferensi Pers ini turut dihadiri oleh Duta Besar Prancis, Ibu Corinne Breuzé, Direktur IFI, Bapak Marc Piton, dan juga 7 chef dari beberapa restoran yang akan ikut berpartisipasi.

JPEG - 97.4 kb
Chef Zulkarnain Dahlan dari Colonial Cuisine & Molecular


JPEG - 100 kb
Chef Gilles Marx dari restoran Amuz


JPEG - 110.8 kb
Chef Yoppy Ruston dari restoran Eric Kayser


JPEG - 111.3 kb
Chef Nabil Jaghdour dari restoran Le Monde au Balcon


JPEG - 110.1 kb
Chef Martin dari restoran The Edge


JPEG - 114.5 kb
Chef Wahjudi Rahardja dari restoran Emilie


JPEG - 116.1 kb
Chef Cyril Calmet dari restoran Lyon


JPEG

Untuk menikmati cita rasa Prancis pada tanggal 21 Maret 2016, temukan restoran terdekat dari rumah Anda : Daftar restoran yang ikut berpartisipasi dalam Good France/Goût de France di Indonesia

Diterbitkan pada 04/04/2016

Kembali ke atas