Konser Gabriel Bianco di Timor Leste (25 Mei 2014)

Kami mendapat kehormatan dan keistimewaan atas kedatangan Gabriel Bianco ke Timor Leste, dalam rangka turnya ke Asia, setelah sebelumnya tampil di Hanoi, Danang, Ho Chi Minh, dan Kuala Lumpur. Pada kesempatan tersebut ia mempersembahkan resital musik klasik yang terinspirasi oleh musik Amerika Latin, Katalan dan Barat.

JPEG
Ia berhasil merebut hati 240 penonton pemula di sebuah tempat yang tidak biasa dan yang secara khusus dipersiapkan untuk acara tersebut, yakni di sekolah Arte Moris, pada hari Minggu 25 Mei 2014.

Gabriel Bianco yang mulai belajar gitar klasik pada usia 5 tahun ini berhasil menaklukkan publik Timor Leste dan internasional, selama konser yang berlangsung dua jam. Para seniman lokal amat terpesona dan terbius oleh sihir dan ketangkasan geraknya, kepekaan maupun emosi sang pemusik, melalui karya-karya John Duarte (1919-2004) « variasi tema katalan », Agustin Barrios (1885-1944) « Julia Florida – Choro da Saudade ».

Gabriel Bianco mengaku merasa amat tersentuh oleh sambutan hangat para seniman lokal dari Sekolah Arte Moris maupun penonton lainnya. Seusai konser, Institut Perancis mengundang para tamu untuk melanjutkan kebersamaan dan mempererat tali persahabatan dengan acara minum bersama.

Kesuksesan konser ini di kalangan anak muda Timor Leste menunjukkan pentingnya seni di negeri yang terbuka terhadap kawasan Pasifik, Asia dan Eropa.

Diterbitkan pada 27/06/2014

Kembali ke atas