Kunjungan Institut Audiovisual Nasional Perancis ke Timor Leste (4 – 11 November 2012)

Dua ahli dari Institut Audiovisual Nasional (INA), yakni Bapak Bruno Burtre dan Ibu Dominique Saintville, mengadakan kunjungan ke Timor Leste dari tanggal 4 s.d. 11 November 2012.

JPEG - 62.7 kb
Para ahli dari INA, Bapak Bruno Burtre dan Ibu Dominique Saintville, bersama Max Stahl (kanan) ; Menteri Kebudayaan Timor Leste, Ibu Maria Isabel de Jesus Ximenes (kiri) ; dan Menteri Pariwisata Timor Leste Bapak Fransisco Kaldbuadi Lay (tengah) © INA

Misi yang didukung oleh Kedutaan Besar Perancis / Institut Perancis di Indonesia dan Timor Leste ini bertujuan mendampingi Pusat Arsip Audiovisual Max Stahl Timor Leste (CAMSTL) dalam proyek pembangunan kantornya di Museum dan Arsip Perlawanan Timor Leste.

Para ahli dari INA memberikan masukan-masukan tentang pembangunan pusat arsip, pelestarian materi dan pembangunan penyimpanan serta akses terhadap dokumen digital. Mereka juga memberikan pelatihan singkat mengenai pengelolaan dan pelestarian arsip audiovisual bagi belasan teknisi Timor.

Sejak tahun 2008, INA bekerjasama dengan CAMSTL melestarikan arsip-arsip audiovisual tentang kemerdekaan dan kelahiran negara Timor Leste yang berdurasi 500 jam. Dokumen-dokumen tersebut sudah tersedia dalam platform yang hanya dapat diakses oleh kalangan profesional dari Inamediapro dan ada pula seleksi arsip yang dapat dilihat oleh masyarakat umum melalui situs www.ina.fr. Tantangan yang dihadapi saat ini adalah memberdayakan dokumentasi tersebut dan membuka akses bagi masyarakat Timor Leste. Kerjasama antara INA dan CAMSTL saat ini menangani pemberdayaan gambar-gambar ini untuk kepentingan budaya dan pendidikan.

JPEG - 49.3 kb
Monumen untuk mengenang korban pembantaian Santa Cruz, terinspirasi oleh gambar yang diambil oleh Max Stahl pada 12 November 1991 © INA

Didukung oleh INA, CAMSTL meraih penghargaan “Proyek Pelestarian Arsip Terbaik” yang diserahkan pada malam Gala Federasi Internasional Arsip Televisi (FIAT) di London, tanggal 27 September 2012 lalu.

JPEG - 43 kb
Max Stahl (kiri) Mathieu Gallet, Presiden INA (tengah), dan Peter Gordon, Sutradara film dokumenter “Bloodshot : The Dreams and Nightmares of East Timor” (kanan), pada malam gala FIAT

GIF

Untuk informasi lebih lanjut klik :

Timor Leste : Warisan Audiovisual Sebagai Alat Membangun Bangsa

Lembaga Nasional Audiovisual Perancis

Museum Arsip dan Perlawanan Timor Leste

Federasi Internasional Arsip Televisi

Bloodshot: The Dreams and Nightmares of East Timor
(Film dokumenter yang dibuat oleh Peter Gordon yang menggunakan gambar-gambar yang diambil oleh Max Stahl dan didigitalisasi oleh INA)

Diterbitkan pada 04/12/2012

Kembali ke atas