Kunjungan Menteri Ekonomi, Keuangan dan Industri Republik Prancis Ke Indonesia (24–25 Februari 2011)

Ibu Christine Lagarde, Menteri Ekonomi, Keuangan dan Industri Prancis, melawat ke Indonesia pada tanggal 24 dan 25 Februari 2011, didampingi oleh Bapak Thierry Mariani, Menteri Muda Urusan Perhubungan, dan rombongan sekitar empat puluh pengusaha Prancis yang bergerak di sektor penerbangan, ruang angkasa, energi, konstruksi, pembangunan berkelanjutan.

Ibu Lagarde beserta rombongan diterima oleh Wakil Presiden Indonesia Bapak Boediono. Dilangsungkan pula temuwicara dengan Menteri Koordinator Perekonomian Bapak Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Ibu Mari Pangestu, Menteri Perindustrian Bapak MS Hidayat, dan Menteri Keuangan Bapak Agus Martowardojo.

JPEG
Kunjungan ini mencerminkan pentingnya hubungan kerjasama dengan Indonesia bagi Prancis. Lawatan ini juga terselenggara dalam kerangka kemitraan strategis yang ditegaskan pada saat kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Paris, bulan Desember 2009 lalu. Kunjungan Ibu Lagarde ke Jakarta ini memungkinkan kedua negara untuk memperdalam dimensi ekonomi dari kemitraan tersebut.

Seusai lawatannya, Ibu Lagarde mengatakan bahwa pertemuannya dengan berbagai pihak dari Indonesia berlangsung sangat efektif. Dalam kesempatan tersebut, Indonesia menyampaikan keinginannya agar perdagangan bilateral dapat ditingkatkan. Adapun soal penanaman modal, selain bidang bahan baku dan infrastruktur, Pemerintah Indonesia telah menekankan minatnya untuk menerima lebih banyak investasi dari Prancis, dalam sektor-sektor yang memiliki nilai tambah yang tinggi.

Pada kunjungan tersebut, telah ditandatangani kontrak pembelian 15 ATR 72-500 oleh maskapai penerbangan Wings Abadi, anak perusahaan Lion Air, di hadapan Ibu Lagarde, Bapak Mariani dan Bapak Hatta Rajasa.

Kunjungan Ibu Lagarde juga memungkinkan pertukaran pandangan mengenai isu-isu penting multilateral dan agenda di forum G20 yang untuk periode tahun 2011 ini berada di bawah kepemimpinan Prancis. Indonesia, yang merupakan anggota Forum G-20 dan juga memimpin ASEAN untuk periode tahun 2011, merupakan mitra penting bagi Perancis. Kedua negara bekerja secara khusus membidangi masalah pemberantasan korupsi dalam salah satu kelompok kerja G20.

Diterbitkan pada 28/02/2011

Kembali ke atas