Kunjungan Rombongan Grup Persahabatan Indonesia – Perancis DPR RI ke Perancis, atas Undangan Perancis (7 & 8 Februari 2012) [fr]

Rombongan Grup Persahabatan Indonesia-Perancis Dewan Perwakilan Rakyat, yang dipimpin ketuanya, Bapak Abdilla Fauzi ACHMAD, telah diterima di Majelis Nasional Perancis (Assemblée nationale). Grup ini melawat ke Perancis atas undangan Grup Persahabatan Perancis–Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Jean Jacques GUILLET, wakil rakyat dari daerah Hauts-de-Seine.

Di Assemblée nationale, rombongan bertemuwicara dengan Ibu Patricia ADAM, Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan Angkatan Bersenjata, wakil rakyat dari daerah Finistère, yang menyampaikan betapa kayanya kerjasama yang terjalin antara Brest dan beberapa kota di Indonesia, di bidang teknologi kelautan. Rombongan juga bertemu dengan Ketua Assemblée nationale, Bapak Bernard ACCOYER.

Pada jamuan makan siang yang diselenggarakan oleh Bapak Jean-Jacques GUILLET dan Kantor Grup Persahabatan Perancis-Indonesia, terjadi pertukaran pandangan tentang situasi politik dalam negeri kedua negara, hubungan kerjasama ekonomi, kebangkitan ASEAN dan, terakhir tentang krisis Suriah. Seluruh wakil rakyat dari Indonesia dan Perancis yang hadir menekankan betapa baiknya hubungan antar-parlemen yang terjalin antara Assemblée nationale dan Dewan Perwakilan Rakyat. Mereka sangat gembira atas hubungan bilateral yang amat baik antara Perancis dan Indonesia di segala bidang. Secara khusus mereka menyambut terjalinnya kemitraan strategis Perancis-Indonesia dan menilai bahwa kemitraan tersebut mencerminkan betapa pentingnya hubungan bilateral tersebut di mata kedua negara.

Les députés indonésiens lors du salut en séance - JPEG

Rombongan Indonesia disambut hangat dalam sidang pleno dan menghadiri sesi tanya jawab dengan Pemerintah Perancis.

Di Senat, delegasi bertemu dengan Ibu Catherine PROCACCIA, Senator dari daerah Val de-Marne, Ketua Grup Persahabatan Indonesia-Perancis Senat, Ibu Evelyne DIDIER, Senator dari daerah Meurthe et Moselle, anggota kelompok kerja Negosiasi Iklim-Lingkungan Hidup yang dibentuk oleh Komisi Ekonomi, Pembangunan Berkelanjutan dan Penataan Wilayah.

Di akhir lawatan, rombongan berkunjung ke wilayah Hauts-de-Seine. Di sana mereka datang ke daerah Issy-les-Moulineaux, guna mengunjungi situs Isséane du Syctom, pusat pengolahan terpadu limbah rumah tangga dengan kualitas lingkungan yang tinggi dan berada di zona perkotaan. Kemudian mereka ke Sèvres untuk melihat bengkel kerja dan koleksi pusat keramik ‘Cité de la Céramique’, lembaga unggulan termasyhur yang mendidik para calon seniman Perancis di bidang seni keramik.

Diterbitkan pada 13/03/2012

Kembali ke atas