Lawatan Bapak Matthias Fekl ke Indonesia, tanggal 6 & 7 April [fr]

Bapak Matthias Fekl, Menteri Muda Perdagangan Luar Negeri, Promosi Pariwisata dan Urusan Warga Perancis di Luar Negeri, yang berada di bawah naungan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional, melawat ke Jakarta pada tanggal 6 dan 7 April 2016.


JPEG
Pada kesempatan tersebut, menteri muda bertemu wicara dengan sejumlah pejabat tinggi Indonesia, guna membahas berbagai isu, mulai dari ekonomi digital hingga promosi silang pariwisata, dan kemudian menandatangani sejumlah kesepakatan kerja sama. Menteri muda Perancis didampingi delegasi terdiri atas perwakilan 24 perusahaan Perancis yang menyatakan minat mereka terhadap pasar Indonesia.

Pada tanggal 6 April, Bapak Fekl bertemu dengan Ibu Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia, dan Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia.

JPEG
JPEG
Beliau juga menghadiri penandatanganan kesepakatan Perancis-Indonesia terkait dengan program magang di perusahaan (VIE) yang dihadiri oleh para wakil dari kementerian tenaga kerja Indonesia, kemudian mengikuti pertemuan dengan perwakilan masyarakat bisnis.

JPEG
JPEG
Bapak Fekl juga memimpin sesi akhir jamuan makan siang kerja yang mengusung tema ekonomi digital di Indonesia, yang diikuti dangan penandatanganan dua kesepakatan yang melibatkan perusahaan-perusahaan Perancis yang aktif berkecimpung di bidang tersebut.

JPEG
Malamnya, menteri muda bertemu dengan masyarakat Perancis pada resepsi yang diselenggarakan di Kediaman Duta Besar Perancis.

JPEG
Keesokan harinya, Kamis 7 April, Bapak Fekl bertemu dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada kesempatan penandatanganan kesepakatan antara Sekolah Penerbangan Sipil Nasional Perancis (ENAC) dengan mitra perusahaan Indonesia AirNav, dan dengan pengelola bandara Indonesia Angkasa Pura 2.

JPEG
Kemudian menteri muda menghadiri acara akbar promosi silang pariwisata di Institut Français d’Indonésie (IFI): "Pertemuan Indonesia-Perancis untuk Kerja Sama Promosi Wisata" yang dibuka Pak Menteri bersama Wakil Kepala Kelembagaan Pengembangan Pariwisata, Bapak Ahman Sya. Diselenggarakan atas kerja sama erat antara Atout France dan Kantor Pariwisata Indonesia di Paris untuk bidang ’daya tarik’ dan antara Business France dan Kementerian Pariwisata untuk bidang ’ekspor’, kegiatan istimewa yang dihadiri sekitar 180 orang (perwakilan biro-biro perjalanan Indonesia, perusahaan Perancis maupun Indonesia, dan sejumlah wartawan) akan turut berkontribusi bagi pengembangan pariwisata dengan menarik lebih banyak pelancong Indonesia ke Perancis dan turis Perancis ke Indonesia dan akan memungkinkan perusahaan Perancis memanfaatkan keahlian dan pengetahuannya dalam sektor Pariwisata bagi Indonesia.

JPEG
Sebelum bertolak ke Singapura, negara tujuan berikutnya, menteri muda bertemu dengan Bapak Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional; dan Bapak Thomas Lembong, Menteri Perdagangan.

JPEG
JPEG

Kedatangan menteri muda Perancis ke Indonesia menggambarkan perhatian Perancis yang besar terhadap dialog tingkat tinggi dalam kerja sama bilateral antara kedua negara, yang sejalan dengan kemitraan strategis yang ditandatangani pada bulan Juli 2011. Sejumlah pertemuan dan penandatanganan kesepakatan yang dilaksanakan pada lawatan tersebut membuktikan keinginan bersama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital, pembangunan infrastruktur masa depaan dan pengembangan sektor pariwisatan dan juga mendukung integrasi para tenaga kerja muda dan pengembangan kemampuan profesional.

Diterbitkan pada 01/06/2016

Kembali ke atas