Lawatan Kelompok Persahabatan Perancis-Indonesia, Senat Perancis, ke Indonesia (17-13 April 2016) [fr]

Rombongan Grup Persahabatan Perancis-Indonesia, Senat Perancis, yang mengadakan lawatan ke Indonesia diwakili oleh ketuanya, Bapak Senator Jacques Gauthier (dari dapil Hauts-de-Seine), Ibu Senator Catherine Procaccia (dapil Val-de-Marne, mantan ketua kelompok persahabatan), Bapak Senator Jean-Léonce Dupont (dapil Calvados) dan Bapak Senator Jean-Jacques Lozach (dapil Creuse).


JPEG
Pada saat berkunjung ke Pulau Bali, para senator diterima oleh wakil gubernur propinsi tersebut. Dalam pertemuan tersebut dibahas isu-isu pariwisata, keamanan, dan kepentingan masyarakat Perancis yang menetap di sana.

JPEG
JPEG
Kemudian, di Jakarta para senator melakukan serangkaian pertemuan, yakni dengan anggota Grup Persahabatan Indonesia-Perancis di DPR ; dan dengan Ketua serta Wakil Ketua DPD RI, guna membicarakan berbagai isu bilateral, di antaranya tantangan yang dihadapi industri minyak kelapa sawit, dan juga tentang upaya pemberantasan terorisme.

JPEG

Terkait dengan bidang pertahanan dan keamanan, mereka berkunjung ke pelabuhan Tanjung Priok untuk melihat salah satu dari dua kapal survei yang dibangun oleh galangan kapal Perancis OCEA. Mereka juga bertemu wicara dengan jajaran pemimpin BNPT.

JPEG
Selain itu, delegasi kelompok persahabatan diterima oleh Bapak Din Syamsuddin, mantan Ketua Muhammadiyah (salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia), mantan ketua Majelis Ulama Indonesia, yang kini menjabat sebagai presiden LSM Center for Dialogue and Cooperation Among Civilizations (CDCC). Para senator juga bertemu dengan Romo Frans Magnis-Suseno, penulis sejumlah buku dan tokoh masyarakat sipil ternama, di kampus Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi.

JPEG
Terakhir, para senator bertolak ke Sumatera selama dua hari untuk melakukan kunjungan lapangan yang terkait dengan tantangan pembangunan pertanian dan pelestarian hutan, dengan tantangan pembangunan berkelanjutan dan pelestarian hutan dalam sektor pertanian dan industri.

Diterbitkan pada 16/05/2016

Kembali ke atas