Lawatan Ketiga Duta Besar Perancis ke Timor Leste (24-28 November 2015) [fr]

Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuzé, melawat untuk ketiga kalinya ke Timor Leste, dari tanggal 24 – 28 November 2015. Duta besar didampingi delegasi pengusaha Perancis, konselor ekonomi dan sekretaris pertama kedutaan.


Beliau bertemu dengan sejumlah menteri di bidang perekonomian Timor Leste, seperti menteri koordinator perekonomian, pertanian dan perikanan ; menteri perdagangan, industri dan lingkungan hidup, menteri perminyakan, wakil menteri keuangan dan pekerjaan umum.

JPEG
JPEG

Rombongan dari Perancis diterima pula oleh perwakilan Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, serta otoritas setempat seperti Badan Investasi Asing dan Komisi Tender Nasional Timor Leste.

Para pengusaha dan para ketua LSM Perancis yang mengemban misi di Timor juga berkesempatan untuk bertukar pikiran dengan delegasi Perancis.

Duta besar juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri. Beliau bertemu wicara dengan Duta Besar Uni Eropa.

PNG
Di saat yang sama, Fregat Vendémiaire milik Perancis singgah di Dili untuk kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir ini. Ini merupakan kesempatan untuk menjalin kontak dengan otoritas pertahanan Timor. Didampingi oleh Kapten Fregat Damien Lopez, duta besar diterima oleh menteri pertahanan. Kemudian komandan kapal perang tersebut mengadakan jamuan makan siang bagi perwakilan militer Timor Leste. Kegiatan latihan keamanan bersama serta pertandingan sepak bola persahabatan diselenggarakan. Masyarakat Perancis maupun internasional kemudian diundang ke resepsi yang diadakan di atas kapal.

PNG
JPEG

Atase pertahanan dan sekretaris pertama mewakili Kedutaan Besar Perancis pada peringatan 500 tahun kedatangan Portugis di Timor, tanggal 28 November, yang diselenggarakan di Oecussi.

Terakhir, lawatan ini dimanfaatkan pula untuk mengadakan kunjungan lapangan ke tempat penggalian arkeologi, di Pulau Atauro, bersama Pusat Penelitian Pembangunan Perancis IRD.

JPEG

Kunjungan ini menandai keinginan Perancis untuk mempererat hubungannya dengan Timor Leste di bidang ekonomi, politik, pertahanan dan kerja sama.

GIF

Diterbitkan pada 23/12/2015

Kembali ke atas