Lokakarya Indonesia - Perancis teknologi keantariksaan (3-4 Oktober 2016)

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan aspek geografis yang spesifik dengan wilayah yang luas yang terdiri dari daratan yang tersebar, berada di jalur Katulistiwa di antara dua benua dan dua samudera. Indonesia kaya akan sumber alam dan rentan terhadap bencana. LAPAN sebagai Instansi pemerintah mempunyai tugas penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan bidang sains antariksa dan sains atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, dan penginderaan jauh, serta bidang kebijakan strategis penerbangan dan antariksa.


LAPAN berperan aktif dalam kegiatan pemanfaatan keantariksaan melalui kerja sama dengan berbagai macam instansi/institusi baik dalam maupun luar negeri, salah satunya dengan Centre National d’Etudes Spatiates (CNES) yang merupakan lembaga antariksa nasional Perancis. CNES sendiri telah dikenal di mata Internasional dalam penguasan teknologi antariksa terutama dalam bidang teknologi satelit dan teknologi penguasaan penginderaan jauh. CNES juga bekerja sama dengan berbagai instansi di Perancis seperti Montpellier University, Airbus, dan lain sebagainya dalam pengembangan teknologi dirgantara.

LAPAN dan CNES sepakat untuk bekerja sama dalam meningkatkan kapasitas dan penguasaan teknologi keantariksaan. Maka akan dilakukan penandatanganan naskah kerja sama kedua pihak, yang sekaligus diimplementasikan dengan penyelenggaraan lokakarya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh LAPAN, CNES, dan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia.

Kegiatan tersebut akan berlangsung pada Senin 3-4 Oktober 2016 di Hotel Sari Pan Pasific, Jl. M.H. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat. Acara ini akan dihadiri 140 (seratus empat puluh) peserta berasal dari sektor pemerintahan maupun swasta, baik Indonesia maupun Perancis. Tema dari Lokakarya ini “ Indonesia–France Workshop in Aerospace Technology. Advancing Indonesia Capacity Through Interntional Cooperation ”.

Lokakarya ini bertujuan untuk mengetahui dan menggali potensi kerja sama, serta memperluas jaringan antara LAPAN maupun kementerian/lembaga/instansi pemerintah Indonesia dengan Institusi Perancis, yang memiliki kemampuan di bidang teknologi antariksa yang sudah dikenal di mata International.

GIF
Sumber : Siaran Pers Penandatanganan dan Lokakarya LAPAN – CNES

Diterbitkan pada 03/10/2016

Kembali ke atas