Mali – Resolusi 2100 disetujui : Pernyataan Bapak Laurent Fabius

Pernyataan Bapak Laurent Fabius, Menteri Luar Negeri Republik Perancis

GIF
Mali – Resolusi 2100 disetujui

Saya menyambut baik disetujuinya resolusi 2100 dengan suara bulat oleh Dewan Keamanan PBB. Dengan Resolusi tersebut, Misi Bantuan Internasional untuk Mali (MISMA) berubah menjadi Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Stabilisasi Mali (MINUSMA).

Disetujuinya resolusi ini adalah satu sukses, yang menegaskan dengan terang dukungan bulat masyarakat internasional terhadap upaya stabilisasi Mali, dan terhadap intervensi Perancis serta negara-negara kawasan Afrika, untuk membantu negeri ini. Perancis berniat untuk tetap membantu rakyat Mali, seperti yang diperlihatkan pada tanggal 22 April melalui pemungutan suara, tanpa ada suara yang menentang, di Majelis Nasional dan Senat Perancis untuk memperpanjang misi tentara Perancis di Mali.

Resolusi 2100 merupakan satu tahap penting dalam pendekatan global yang diharapkan Perancis, mencakup stabilisasi dan pemulihan keamanan, pendampingan selama transisi politik berlangsung, dan bantuan dalam proses rekonstruksi dan pembangunan Mali. Pengerahan pasukan pemelihara perdamaian PBB ke Mali akan dimulai bulan Juli mendatang. Kehadiran pasukan “blue helmets” ini dimaksudkan untuk mendukung upaya-upaya dialog dan rekonsiliasi, yang amat diperlukan demi lancarnya penyelenggaraan pemilu.

Diterbitkan pada 26/04/2013

Kembali ke atas