Seruan dari Manila untuk Bertindak Mengatasi Perubahan Iklim (25-27 Februari 2015) [fr]


1. Kami, Kepala Negara Republik Filipina dan Republik Perancis serta tokoh-tokoh dari berbagai negara yang bertekad memerangi perubahan iklim yang hari ini berkumpul di Manila, ingin mengingatkan kembali kepada Masyarakat internasional, seluruh pemangku kepentingan dan opini masyarakat dunia bahwa upaya-upaya melawan perubahan iklim secara serius, efektif dan berkeadilan sudah sangat mendesak untuk dilakukan.

2. Kurang dari setahun lagi, KTT para pihak Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang perubahan iklim (COP 21) akan digelar di Paris, tepatnya pada bulan Desember 2015. Hasil dari KTT tersebut menyangkut kehidupan milyaran umat manusia. Kami mengajak masyarakat internasional untuk mencapai satu kesepakatan iklim yang ambisius, adil dan universal, sesuai dengan rekomendasi ilmiah kelompok ahli evolusi iklim antar-pemerintahan, guna melestarikan planet kita, demi kelangsungan hidup generasi mendatang. Hari ini, di Manila, kami berharap kita akan bersama-sama menulis sejarah di Paris, pada bulan Desember mendatang, dan tidak berpuas diri hanya dengan menyaksikannya sebagai penonton.

3. Kami menyerukan untuk mengambil tindakan, demi memerangi perubahan iklim.

4.Dengan berkumpul di Filipina yang rakyatnya telah mengalami serangkaian fenomena cuaca yang ekstrem belum pernah terjadi selama beberapa tahun terakhir ini, kami menyadari bahwa negara-negara berkembang yang paling sedikit kontribusinya pada perubahan iklim merupakan negara-negara yang paling menderita terkena dampaknya. Tentu saja kita semua dihadapkan pada ancaman-ancaman yang sama dan memiliki kelemahan yang sama. Namun kemampuan serta cara yang kita miliki dalam menghadapi tantangan tersebut berbeda-beda. Namun demikian, kami percaya adalah mungkin mengurangi kerentanan dan keterpaparan kita terhadap bencana iklim ini. Dalam hal ini, rakyat Filipina menunjukkan ketahanan mereka yang luar biasa dalam menghadapi hal ini.

5. Kami menyerukan solidaritas dan keadilan dalam menghadapi perubahan iklim

6. Kita memerlukan satu kesepakatan yang dirundingkan dan diterima oleh semua dan untuk semua, yang mempertimbangkan segala situasi yang berbeda dan yang menyatukan berbagai pandangan, demi mempercepat aksi kolektif ini. Kita membutuhkan sebuah kesepakatan untuk mengurangi emisi, menciptakan berbagai peluang ekonomi dan memperlengkapi diri dengan sarana untuk mengelola risiko terkait yang diramalkan akan terjadi dalam waktu dekat.

7. Kami menyerukan untuk bekerja sama untuk melawan perubahan iklim.

8. Pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan dan penanggulangan kemiskinan merupakan sasaran yang harus dapat dicapai bersama. Namun, memastikan bahwa akses yang merata terhadap pembangunan-berkelanjutan-untuk-semua menuntut kita untuk memiliki sarana implementasi yang terus meningkat.

9. Kami menyerukan solidaritas pembiayaan dan teknologi.

10. Mengingat bahwa kita telah berada di titik tak mungkin kembali dalam hal perubahan iklim, dan bahwa keinginan harus diwujudkan dalam bentuk tindakan, maka dengan sungguh-sungguh kami menghimbau :

A) kepada semua negara agar bekerja secara nyata dan cepat guna melawan perubahan iklim, terutama menanggulangi dampak-dampaknya. Kami juga mengundang semua negara untuk menyampaikan kontribusi yang sudah dicanangkan di tingkat nasional, sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-masing ;

B) kepada negara-negara maju maupun berkembang yang memiliki kemampuan dan bersedia, agar memberikan bantuan sarana yang memadai kepada negara-negara paling miskin dan paling rentan dalam pelaksanaan program pembangunan mereka, guna membantu mereka mengubah diri menjadi wilayah yang tangguh dan mengembangkan kegiatan ekonomi rendah karbon ;

C) kepada seluruh pemangku kepentingan, negara, pemerintah daerah, perusahaan, masyarakat sipil, LSM, universitas dan setiap warga agar memainkan peranannya secara penuh dalam memerangi perubahan iklim, terutama untuk mengatasi dampaknya dan mengurangi risiko bencana alam yang terkait dengan iklim, melalui upaya-upaya individual maupun prakarsa kolektif ; dan

D) kepada setiap orang untuk menyebarkan himbauan ini dan menyadari pentingnya bertindak secara cepat, di mana pun berada, serta pentingnya mencapai sebuah kesepakatan global terkait masalah iklim, pada bulan Desember mendatang di Paris.

GIF

Diterbitkan pada 24/03/2015

Kembali ke atas