Notre-Dame de Paris 2013 : Renovasi Besar dan Perayaan Hari Jadinya yang Ke-850 tahun

Katedral Notre-Dame de Paris adalah monumen spiritual sekaligus monumen sejarah yang paling ramai dikunjungi di Prancis, pada tahun 2013 ini merayakan ulangtahunnya yang ke-850. Katedral yang merupakan salah satu monumen paling terkenal di seantero dunia ini setiap tahunnya menarik 14 juta pengunjung. Terletak di daerah pulau Île de la Cité, di sungai Seine, tak jauh dari gereja bergaya gothik dari abad pertengahan Sainte-Chapelle dan gedung Conciergerie, Katedral Notre-Dame de Paris merupakan salah satu simbol ibukota Prancis dan bagian integral dari warisan nasional maupun dunia. Berkat sejumlah perayaan, kegiatan budaya, upacara dan berbagai proyek renovasi besar, kita akan dapat memandang katedral ini dengan penampilan yang berbeda.

PNG Notre-Dame de Paris setiap tahunnya menarik banyak pengunjung dan jemaat dari berbagai penjuru dunia, yang datang untuk mengagumi ketiga pintu masuk yang penuh dengan berbagai legenda misterius, Galeri para Raja atau relikui-relikui yang di antaranya adalah Mahkota Duri Sejati. Diabadikan oleh sastrawan Victor Hugo dalam mahakaryanya Les Misérables (Orang-orang yang Malang), Katedral ini direstorasi pada pertengahan abad XIX oleh seorang aristek bernama Viollet-le-Duc, sehingga kini, setelah naik 387 anak tangga hingga ke puncak menara-menara Katedral, kita dapat melihat patung-patung Gargoyle yang terkenal, dan berbagai makhluk-makhluk khayalan lainnya yang menghuni bagian atas gedungnya.

Sejarah Katedral dimulai pada tahun 1163, ketika Paus Alexander III meletakkan batu pertama, yang dihadiri oleh Raja Louis VII. Pembangunan bangunan utama dilaksanakan dibawah arahan Uskup Maurice de Sully dan penerusnya, Uskup Odon de Sully. Gedung yang dibangun selama satu abad ini segera menjadi salah satu monumen yang paling dikagumi di Prancis, melambangkan kemegahan Gereja Katolik dan kota Paris. Pada akhir abad XII, dan selama paruh kedua abad XIII, Katedral Notre-Dame de Paris juga dianggap sebagai bangunan kristen terbesar di belahan dunia Barat.

PNG Tahun 2013 menandai hari jadi ke-850 tahap awal pembangunan mahakarya aristektur gothik ini. Berbagai acara yang dipersiapkan untuk merayakan peristiwa ini dilaksanakan di bawah naungan Presiden Republik Prancis dan Uskup Agung kota Paris, sekaligus di bawah naungan Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi, serta Kantor Walikota Paris. Dana perayaan ulang tahun Notre-Dame de Paris yang ke-850 tahun ini mencapai 6,5 juta Euro, di luar dana renovasi yang ditanggung oleh Negara.

Untuk merayakan ulang tahunnya, wajah Katedral diperbaharui. Berbagai upaya restorasi yang luar biasa dilakukan, tidak hanya untuk memelihara maha karya tersebut, tetapi juga untuk menambah keagungannya. Lonceng-lonceng baru di menara Utara dan lonceng Marie di menara Selatan merupakan salah satu proyek utama dalam program ini. Sebanyak sembilan lonceng raksasa (terbuat dari 6 ton tembaga dan timah) yang dibuat di sanggar peleburan tradisional Cornille Havard di kota Villedieu-les-Poêles di daerah Manche (Prancis barat), dan di pabrik peleburan Royal Eijbouts di kota Asten (Belanda) berdentang untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Maret 2013, sehari sebelum perayaan Minggu Palma. Berkat proyek ambisius senilai 2 juta euro yang didanai berbagai sumbangan ini, katedral akan mengumandangkan kembali ‘dentangan lonceng-lonceng’ yang pernah dimilikinya pada akhir abad XVIII.

PNG Halaman Notre-Dame de Paris pun mengalami perubahan. Hingga tanggal 24 November 2013, instalasi Chemin de Jubilé mengajak para pengunjung untuk melakukan semacam ziarah. Empat instalasi besar sementara dipasang di halaman seluas 1200m². Dengan demikian, sebanyak 20 juta pengunjung akan dapat naik suatu menara lonceng setinggi 13 meter yang dihiasi oleh kaca patri yang menggambarkan Geneviève dan Marcel, para penjaga kota Paris, karya seniman kaca patri Jacques le Chevallier. Setibanya di menara tinjau, para pengunjung dapat memandang katedral dari sudut pandang yang belum pernah disaksikan sebelumnya, dari ketinggian 5,50 m.

Renovasi tata cahaya interior juga merupakan salah satu proyek yang dilaksanakan dalam rangka peringatan ulang tahun katedral yang ke-850 tahun. Sistem pencahayaan baru memungkinkan pengunjung melihat dengan lebih jelas dekorasi ruangan dan koleksi museum ‘Harta Karun Notre-Dame‘ yang menyimpan benda-benda liturgi gereja Katolik. Selain itu, perayaan tersebut telah menjadi kesempatan untuk melaksanakan berbagai proyek lain, seperti renovasi orgel besar katedral yang dimulai dari tahun 2012, berupa pembersihan dua belas ribu pipa logam yang beberapa di antaranya berasal dari abad pertengahan.

Berbagai seminar, pameran, konser, pertunjukan suara dan cahaya yang akan berlangsung sepanjang tahun ini merupakan peristiwa budaya istimewa yang akan menampilkan aspek terbaru katedral,” ujar seorang anggota “Asosiasi Notre-Dame de Paris 2013” yang merupakan komite penanggung jawab perayaan. Dengan demikian, bertepatan dengan Hari Orgel Sedunia, suatu peristiwa unik yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 6 Mei 2013 akan mempersembahkan 850 konser di katedral-katedral, gereja-gereja, dan tempat-tempat ibadah semua agama, maupun di ruangan-ruangan konser di seluruh dunia.

Annik Bianchini

Situs Internet :
www.notredamedeparis2013.com

Diterbitkan pada 27/03/2013

Kembali ke atas