Olimpiade Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Indonesia

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Perancis dan Perhimpunan Alumni Perancis di Perancis menyelenggarakan “Olimpiade Karya Tulis Inovatif II/2011” atau OKTI II/2011. Program yang mulai diadakan pada tahun 2009 ini bertujuan untuk memublikasikan penelitian ilmiah para mahasiswa Indonesia di luar negeri. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Sinergi karya multidisipliner mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam rangka mendukung pembangunan Indonesia”.

OKTI 2011 bertujuan mewadahi pemikiran mahasiwa Indonesia dari berbagai disiplin ilmu yang tinggal di luar negeri dan memperbarui pemikiran-pemikiran tersebut dengan melibatkan seluruh mahasiswa dari berbagai bidang ilmiah dan penelitian. Proyek-proyek yang dipresentasikan harus bersifat orisinil, kreatif dan inovatif. Gagasan yang disampaikan harus dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmiah di Indonesia.

Lima bidang yang diperlombakan dalam Olimpiade tersebut adalah :

- Ilmu sosial : pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan ilmu sosial dan dukungannya bagi pembenahan sistem pendidikan di Indonesia

- Teknologi Informasi dan Elektro : peningkatan upaya-upaya menuju pengembangan inovasi dan kreasi berbagai teknologi di Indonesia.

- Pembangunan ekonomi daerah dan lingkungan hidup : pengembangan ekonomi baru, pembangunan perkotaan dan masalah lingkungan hidup.

- Ilmu kedokteran dan kesehatan masyarakat : pendalaman inovasi di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan masyarakat, dalam rangka mewujudkan “Indonesia Sehat”.

- Inovasi ilmiah, teknologi ketahanan pangan dan energi : pendalaman inovasi di bidang pangan untuk masa depan, agar ketersediaannya terjamin, pengembangan peta jalan/roadmap energi di Indonesia.

Babak penilaian final akan berlangsung pada hari Sabtu 8 Oktober 2011 di Kedutaan Besar Indonesia untuk Perancis, di Paris. Ke-20 karya terbaik yang terpilih oleh dewan juri akan dipresentasikan dalam suatu seminar, di hadapan anggota dewan juri yang terdiri atas perwakilan dari Kedutaan Besar Indonesia di Perancis, Perhimpunan Alumni Perancis, dan utusan dari Kementerian Riset dan Teknologi.


Untuk keterangan lebih lanjut, dipersilakan untuk mengunjungi laman tentang kegiatan tersebut:

http://www.ppifrance.fr/


JPEG

Diterbitkan pada 02/01/2012

Kembali ke atas