Pasar yang tak boleh dilewatkan

JPEG

Pasar Tradisional di Prancis

Berwarna-warni, hidup, penuh aroma dan kehangatan… Di setiap kota dan desa Prancis, pasar menjadi ajang untuk menikmati cita rasa lokal dan memanjakan diri dengan produk-produk segar.

Nikmati suasananya….

Dalam cuaca apa pun, seseringnya pada hari Sabtu atau Minggu pagi (juga pada hari kerja, di kota-kota besar), para pedagang menyiapkan lapak-lapak mereka di kala fajar.

Untuk mendapatkan produk pilihan terbaik dan masih amat segar, datanglah lebih awal, dengan membawa keranjang belanja Anda. Hiruplah aroma pasar. Di sebelah sana dapat ditemukan buah musiman, di sini ada keju, lebih jauh sedikit terdapat ayam yang sedang dipanggang.

Kemudian berhentilah untuk minum kopi di kedai kopi di sudut pasar, lalu mengobrol dengan para pedagang, minta saran mereka bagai mana cara menyiapkan suatu hidangan, dan pergunakan kesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga murah, di saat hari menjelang siang, tepat sebelum lapak-lapak pedagang dibereskan.

Di ruang terbuka, tertutup, pada saat natal dan… profesional

Dari Lubéron sampai daerah Aix, susuri lorong-lorong pasar tradisional lokal yang beratapkan langit, di bawah rindangnya pohon platane, dan suasana yang ramah. Tempat ini di penuhi para pedagang buah-buahan, sayuran, bunga-bunga dan bunga lavender !

Di kota-kota lain, pasar berada di ruang tertutup. Beralih ke kota Lyon, hidangan quenelle, olahan daging babi dan gratton menjadi primadona di hall Paul Bocuse. Sementara di Bordeaux, di sebuah gedung yang dibangun pada abad XI, pasar Capucins buka dari hari Selasa hingga Minggu.

Di musim dingin, Anda wajib mengunjungi pasar-pasar tradisional natal. Dalam suasana seperti yang terlihat di kartu pos bergambar, lengkap dengan jalan-jalan dan rumah-rumah yang semarak dengan hiasan natal, ditingkahi wangi masakan berermpah nan lezat, Anda juga dapat mencicipi anggur panas di rumah-rumah daerah pegunungan yang diterangi lampu-lampu….

Anda ingin mengunjungi pasar produk-produk segar terbesar di dunia ? Pada hari Jumat minggu kedua di setiap bulannya, pasar Rungis yang biasanya hanya menerima pelanggan dari kalangan professional membuka pintunya untuk Anda. Sebagai imbalan bangun tidur lebih pagi (janji temu ditetapkan pada pukul 4.30 di place Denfert-Rochereau Paris), Anda akan mendapatkan sarapan gaya Rungi pada kunjungan tersebut (dengan hidangan olahan daging bagi, keju, dll.).

Pasar-pasar unik yang tidak boleh Anda lewatkan

  • Le marché de La Flotte en Ré, di Charente-Maritime : Setiap hari, ruangan pasar yang indah dan jalan-jalan untuk para pejalan kaki di salah satu desa terindah di Prancis sangat ramai untuk ukuran sebuah pasar yang tidak biasa, berselera tinggi dalam warna dan rasa.
  • Le marché au gras de Samatan, di le Gers : merupakan pasar produk berlemak terbesar di Prancis. Setiap hari Senin pagi, para pedagang dari daerah Gascogne menawarkan angsa, itik dan foie gras yang luar biasa.
  • Le marché de Louhans-Châteaurenaud, di Saône-et-Loire : Setiap hari Senin, pasar ini menawarkan produk unggulannya yang berupa unggas dari Bresse. Manfaatkan kunjungan Anda untuk mencicipi hidangan khas pasar tersebut, kepala sapi, dan juga Corniottes, panganan manis khas dari Louhans.
  • Le marché de Ribérac, di Dordogne : diselenggarakan setiap Jumat pagi, pasar ini terkenal sebagai etalase produk khas daerah setempat. Berganti-ganti mengikuti musim, Ribérac juga menyelenggarakan pasar produk berlemak (pertengahan November-pertengahan Maret), pasar jamur truffle (Desember-pertengahan Februari) dan pasar kenari (Oktober-November).
  • Le marché truffier de Richerenches, di le Vaucluse : dari pertengahan November hingga akhir Maret, setiap hari Sabtu, temui para petani yang membudayakan jamur truffle dan para makelar di pasar truffle terbesar di Eropa. Aroma yang keluar dari jamur bernilai tinggi ini dan hembusan angin Mistral akan menemani Anda di sepanjang avenue de la Rabasse (sebutan untuk truffle dalam bahasa daerah setempat).

Diterbitkan pada 04/03/2016

Kembali ke atas