Pekan Bahasa Perancis dan Frankofoni 2010

Pekan Bahasa Perancis dan Frankofoni di Indonesia berlangsung dari tanggal 22 s.d. 27 Maret 2010 lalu.

Serangkaian kegiatan terselenggara di bawah koordinasi Kedutaan Besar Swiss, dengan melibatkan Kedutaan Besar Belgia, Kanada dan Perancis yang dibantu oleh CCF Jakarta dan diikuti oleh Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Indonesia.

Upacara pembukaan dilaksanakan di Kampus Universitas Indonesia, Jakarta, dihadiri oleh tujuh perwakilan diplomatik (para duta besar dan konselor). Sejumlah seminar, diskusi, dan lokakarya diselenggarakan bagi para staf pengajar universitas, sekolah menengah, Pusat Kebudayaan Perancis (CCF) dan Alliance française.

Dengan mengambil tema “Warisan Dunia”, beberapa film Perancis diputar. Selain itu diadakan pula dua pameran foto.

Lomba bahasa Perancis tingkat nasional untuk kategori mahasiswa pada tahun ini berupa lomba penulisan reportase tentang kehidupan di sekitar kita, yang dilengkapi dengan foto-foto sebagai ilustrasi. Sebelas peserta yang masuk ke final tingkat nasional merupakan wakil-wakil jurusan Perancis dari berbagai universitas. Penyerahan hadiah kepada tiga pemenang utama diselenggarakan dalam suatu jamuan, yang dihadiri oleh Nona Qory Sandioriva, Puteri Indonesia 2009 yang kini tercatat sebagai mahasiswi jurusan Perancis UI; staf ahli Menteri Pendidikan Nasional, dan Bapak Philippe Zeller, Duta Besar Perancis. Dalam rangka ulang tahun frankofoni yang ke-40, Kedutaan memberikan tiga hadiah berupa karyawisata ke Perancis selama satu bulan.

CCF dan Alliance Française yang termasuk dalam jaringan budaya Perancis yang ada di berbagai daerah di Indonesia turut berpartisipasi dalam rangkaian perayaan ini dengan menyelenggarakan berbagai acara, baik yang berupa pertunjukan, pameran, pemutaran film, maupun perlombaan di tingkat lokal.

Diterbitkan pada 06/06/2014

Kembali ke atas