Pekan FRANKOFONI 2011 : Lomba Bahasa Prancis Tingkat Nasional

Dengan lebih dari 220 juta penutur, 70 negara anggota dan pengamat Organisasi Frankofoni Internasional (OIF), bahasa Prancis dirayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia !

Untuk merayakan hari FRANKOFONI internasional tahun 2011, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, bekerjasama dengan jurusan Bahasa Prancis dari beberapa universitas di Indonesia (Universitas Negeri Medan - UNIMED, Universitas Indonesia - UI, Universitas Negeri Jakarta - UNJ, Universitas Padjadjaran - UNPAD, Universitas Pendidikan Indonesia - UPI, Universitas Negeri Semarang - UNNES, Universitas Negeri Yogyakarta - UNY, Universitas Gadjah Mada - UGM, Universitas Hasanuddin – UNHAS, Universitas Brawijaya - UB), menyelenggarakan Lomba Bahasa Prancis bagi para mahasiswa S1 jurusan bahasa Prancis. Tema yang diangkat tahun ini adalah aksi kemanusiaan dan pendidikan di berbagai propinsi Indonesia. Tujuannya adalah mengajak para mahasiswa untuk turut memikirkan permasalahan aktual terkait dengan tema pilihan Kedutaan Besar Prancis tersebut.

Perlombaan diselenggarakan dalam dua tahap :

•Seleksi pertama dilaksanakan di jurusan Bahasa Prancis di universitas masing-masing, guna memilih seorang wakil universitas yang akan maju ke babak final. Para peserta diharuskan menulis laporan singkat mengenai prakarsa solidaritas di daerah mereka, dilengkapi dengan foto-foto.

•Babak final diikuti oleh 10 orang wakil universitas. Tiga orang mahasiswa terbaik akan mendapat hadiah kunjungan ke Prancis selama satu bulan pada musim panas 2011.

Kesepuluh finalis tersebut adalah sebagai berikut :

1.Norma Apria Fitrika (UNNES, Semarang)

2.Dinda AKHLAKULKARIMAH (UNPAD, Bandung)

3.Andriana Asrini (UGM, Yogyakarta)

4.Abdul Safiek Bachdar (UI, Jakarta)

5.Devita Nur Indah Sari (UNHAS, Makassar)

6.Rizky Tri Amelia Siregar (UNIMED, Medan)

7.Eka Ristiyaningsih (UNY, Yogyakarta)

8.Bayu Anggara (UPI, Bandung)

9.Sridepi (UNJ (Jakarta)

10.Lilik MAYSAROH, (Universitas Brawijaya Malang)

Hadiah untuk kesepuluh mahasiwa Indonesia yang masuk ke babak final diserahkan pada hari rabu 23 Maret 2011 lalu, dalam acara yang dihadiri oleh Direktur Institut Prancis di Indonesia (IFI), para pejabat dari Kementerian Pendidikan Nasional, dan perwakilan universitas.

Ketiga orang pemenang lomba yang akan diberangkatkan ke Prancis selama sebulan pada musim panas 2011 adalah:

1) Sridepi wakil dari UNJ (Jakarta),
2) Andriana Asrini dari UGM (Yogyakarta), dan
3) Eka Ristiyaningsih, dari UNY (Yogyakarta).

Selamat kepada seluruh finalis !

Diterbitkan pada 06/06/2014

Kembali ke atas