Pekan Frankofoni di Indonesia (16 - 24 Maret 2013)

Dengan lebih dari 220 juta penutur dan 75 negara anggota OIF (Organisasi Frankofoni Internasional), bahasa Prancis dirayakan di seluruh dunia dan juga di Indonesia! Kedutaan-kedutaan Besar frankofon (Belgia, Kanada, Prancis, dan Swis), berbagai universitas (UNJ, UI, dan UIN), serta Institut Prancis di Indonesia pun menyelenggarakan Pekan Frankofoni yang akan dilangsungkan dari tanggal 16 s.d. 24 Maret 2013.

GIF Universitas Indonesia akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan pada hari Senin, 18 Maret pukul 09.30. Acara ini akan mempertemukan para duta besar, perwakilan dari berbagai kedutaan besar frankofon, Rektor UI, serta para pengajar dan mahasiswa jurusan bahasa Prancis. Acara akan dibuka dengan pidato beberapa tokoh yang hadir, kemudian diikuti dengan cocktail selamat datang.

Bertema “Images de la Francophonie”, Pekan Frankofoni edisi 2013 ini menyuguhkan program-program sebagai berikut : sanggar kerja foto dan video oleh Nikon, seminar mengenai “Kebebasan Beragama”, pemutaran film, berbagai lomba untuk mahasiswa, serta berbagai acara lainnya.

Pekan Frankofoni juga dimeriahkan dengan gala penyerahan hadiah lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Institut Prancis di Indonesia (IFI) bagi para penutur bahasa Prancis. Pengumuman pemenang lomba ini akan diselenggarakan pada hari Selasa, 19 Maret 2013 pukul 18.30 di kediaman Duta Besar Prancis di Indonesia. Resepsi ini akan dihadiri oleh Duta Besar Prancis, Yang Mulia Ibu Corinne Breuzé, beberapa duta besar dan perwakilan negara-negara anggota OIF, beberapa tokoh Prancis dan perwakilan dari beberapa SMA dan universitas di Indonesia.

Tiga finalis untuk masing-masing lomba fotografi, menulis dan photo-story akan turut diundang pada malam gala ini :

- Finalis Lomba Fotografi : Dwi Kristiyadi (Jakarta), Conrad Pamungkas (Jakarta) dan Zulkarnaen Syri Lokesywara (Klaten);

- Finalis Lomba Menulis untuk Pengajar : Mohamad Syaefudin (dosen Universitas Negeri Semarang), Agustina Pramu Indah (guru SMA Negeri 1 Batangan) dan Nurhasanah (guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor);

- Finalis Lomba Photo-story untuk Mahasiswa : Melly Aviani (Universitas Negeri Jakarta), Anne Chritina (IFI Bandung) dan Oky Mustika Sari (Universitas Brawijaya Malang).

Pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah berupa perjalanan ke Prancis (untuk mengikuti program budaya dan linguistik) selama 2 pekan di Paris. Sedangkan para finalis akan mendapatkan sebuah kamera Nikon, serta berbagai bingkisan lainnya.

Pekan Frankofoni 2013 akan ditutup dengan gelaran konser dari Jesers pada hari Minggu, 24 Maret di Erasmus Huis.

Tentang Jesers :

Penyanyi dan pencipta lagu dari panggung musik Prancis, Jesers adalah pecinta kata dan maknanya, kemudian meramunya dalam humor dan keanggunan. Berasal dari keluarga pemusik yang kosmopolitan, terbuka pada beragam jenis musik dan berbakat, Jesers memulai karirnya di panggung hip-hop. Diiringi gitar dan perkusi, album terakhirnya, J’aimerais qu’on sème, adalah campuran musik folk, Afrika, slam dan rap.

Tur Jesers di Indonesia akan menutup Pekan Frankofoni yang diselenggarakan oleh IFI dan kedutaan-kedutaan besar anggota Organisasi Frankofoni Internasional.

Diskografi : J’aimerai qu’on séme (2009)
Website : www.jesers.com

GIF
Info lebih lanjut : Pekan Frankofoni di Indonesia

Diterbitkan pada 14/03/2013

Kembali ke atas