Peluncuran situs internet myfrenchfilmfestival.com

Untuk pertama kalinya, sebuah festival film Perancis di dunia maya akan diselenggarakan, yang memungkinkan siapa pun di dunia mengakses film-film pilihan dan memilih karya favorit mereka. MyFrenchFestival.com bertujuan mempromosikan karya para sineas muda Perancis dan menyebarkan kecintaan terhadap film Perancis, di kalangan para pengguna Internet di seluruh dunia.

Dari tanggal 14 s.d. 29 Januari 2011, seluruh pecinta film akan memperoleh akses ke sepuluh film panjang dan sepuluh film pendek terbaru, yang ikut serta dalam kompetisi. Para pengguna Internet diajak untuk memilih dan memberikan komentarnya, pada situs tersebut. Dalam Festival itu akan diputar pula sebuah film lama berjudul French Cancan karya Jean Renoir, yang tidak diikutsertakan dalam kompetisi.

Festival yang diselenggarakan oleh Unifrance dan Allociné tersebut dapat diakses dalam sepuluh bahasa. Situs internet dan film-film (tersedia dalam bentuk video berbayar*, sesuai permintaan) dapat diakses dalam bahasa Jerman, Inggris, Arab, Spanyol, Perancis, Italia, Jepang, Portugis dan Rusia.

Di akhir Festival, enam penghargaan akan dianugerahkan kepada tiga film panjang dan tiga film pendek), yakni penghargaan pengguna Internet, penghargaan blogger luar negeri, dan penghargaan media internasional. Film-film panjang pemenang akan disiarkan di seluruh penerbangan Air France, mulai dari tanggal 1 April 2011, selama 6 s.d. 9 bulan.

Para pengguna Internet dapat melihat trailer film, ringkasan cerita, dan wawancara eksklusif para sutradara maupun aktor film-film terpilih secara cuma-cuma melalui myfrenchfilmfestival.com. Beberapa sineas asing terkenal seperti Wim Wenders dan Dardenne bersaudara juga telah setuju menyatakan kecintaan mereka terhadap film Perancis dengan bersedia untuk diwawancarai, terkait festival yang baru pertama kalinya dilangsungkan tersebut.

Para pengguna Internet, mulai saat ini dapat ikut serta dalam ‘French Film Epidemic’ menjadi duta terbaik film Perancis di luar negeri, melalui laman Facebook My French Film Festival.com (berhadiah DVD dan jalan-jalan ke Paris) dan menebak film pilihan publik melalui laman Facebook Air France (berhadiah DVD dan jalan-jalan ke New York, untuk menghadiri Festival Sinema Perancis)

Atas dukungannya, UniFrance mengucapkan terimakasih kepada :
Pusat Sinema dan Film Animasi Nasional, Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi, Kementerian Luar Negeri dan Eropa, dan Kedutaan-Kedutaan besar Perancis di seluruh dunia, juga kepada Renault, Varilux, Air France, Dailymotion Euronews, Eurochannel, RFI, Variety, Télérama, dan LePetitjournal.com.


* Tarif film panjang 1,99€, film pendek dan sistem paket 0,99€ (khusus di Perancis film panjang bertarif 3,99 €) UniFrance dan satu mitra swasta (Varilux Essilor) mempersembahkan festival ini secara gratis di Rusia dan Amerika Latin.

Diterbitkan pada 11/01/2011

Kembali ke atas