Pembukaan Pameran « Timor Leste dan Dunia » di Kementerian Luar Negeri Timor Leste (17 Mei 2012)

JPEG
Bertempat di Kementerian Luar Negeri Timor Leste, sebuah pameran foto berjudul “Timor Leste dan Dunia” telah dibuka pada tanggal 17 Mei 2012 oleh Mantan Presiden Timor Leste, Bapak José Ramos Horta dan Menteri Luar Negeri, Bapak Zacarias Albano da Costa, dalam rangka peringatan 10 tahun restorasi kemerdekaan Timor Timur.

JPEG - 24 kb
Bapak Ramos Horta (kiri), Bapak Zacarias Albano da Costa (tengah) dan Ibu Ameerah Haq (kanan)
(© Maria-Gabriela Carrascalão Heard / MNE RDTL)


Hadir dalam acara ini para Duta Besar Timor Leste, Ketua Parlemen, Bapak Fernando Lasama de Araujo, Mantan Perdana Menteri, Bapak Mari Alkatiri, serta beberapa perwakilan diplomatik, seperti Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ibu Ameerah Haq. Para hadirin kemudian menikmati suguhan musik dari gitaris klasik, Thibault Cauvin, sebuah acara yang ditawarkan oleh Institut Perancis di Indonesia dan Timor Leste.

JPEG - 25.7 kb
Mantan Perdana Menteri Mari Alkatiri (kiri) pada saat pembukaan pameran
(© Maria-Gabriela Carrascalão Heard / MNE RDTL)


Dibuat berdasarkan penelitian Frédéric Durand, Dosen di Universitas Toulouse Le Mirail, pameran ini menunjukkan bahwa Timor Leste bukan aktor baru di dunia internasional. Sejak lama negara ini telah memberikan kontribusinya bagi kekayaan warisan budaya dunia. Timor Leste telah berpartisipasi secara kafah pada hubungan internasional baik dahulu maupun sekarang, dalam bidang diplomatik, ekonomi, dan seni.

JPEG - 22.3 kb
Para pelaut Prancis singgah di Timor pada abad ke-18 dan ke-19
(© Frédéric Durand)


Acara tersebut terealisasi selain berkat dukungan dari “Association Timor Aid”, “Association France Timor-Leste” dan Biro Kerjasama Perancis di Dili, dibantu dengan pendanaan dari Perancis, Jerman, Spanyol, Irlandia, Portugal, Perwakilan Eropa di Dili serta Kementerian Luar Negeri Timor Leste.

Pameran “Timor Leste dan Dunia” dimaksudkan untuk digelar pada publik luas, khususnya sekolah-sekolah di Dili, dalam rangka Pameran Buku yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Portugal. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden Portugal, Bapak Anibal Cavaco Silva, dan Presiden baru Republik Timor Leste, Bapak Taur Matan Ruak, pada tanggal 22 Mei 2012.

JPEG - 112.3 kb
© Rosalia Soares / Timor Aid

Diterbitkan pada 05/06/2012

Kembali ke atas