Penandatanganan Kesepakatan antara Airbus dan Maskapai Penerbangan Indonesia Lion Air

Dalam sebuah upacara khusus di Istana Elysée Paris, Bapak François HOLLANDE, Presiden Republik Prancis, menyaksikan penandatanganan kesepakatan industri yang amat penting, antara Bapak Rusdi Kirana, salah satu pendiri sekaligus Presdir Grup Lion Air dan Bapak Fabrice Brégier, Presdir Airbus, terkait dengan pembelian 234 pesawat seri A320, pada hari Senin tanggal 18 Maret 2013, pukul 11.00 waktu setempat.
© Airbus S.A.S 2013 - Photo by T. Jullien - JPEG

Ini merupakan kontrak terbesar dalam sejarah penerbangan sipil

Kesepakatan ini juga merupakan yang terbesar bagi AIRBUS, dilihat dari jumlah pesawat dan nilai keseluruhan pembelian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam industri penerbangan, seperti yang dapat dilihat dari angka-angka di bawah ini :

- 234 AIRBUS seri A320
- Nilai total kontrak : 18,4 milyar euro

Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di kawasan Asia, negara dengan populasi terbesar keempat di dunia (240 juta penduduk) dan kekuatan ekonomi nomor satu di Asia Tenggara (dengan pertumbuhan ekonomi lebih dari 6,2% di tahun 2012).

GIF
SEKTOR KEDIRGANTARAAN

Sektor industri kedirgantaraan merupakan sektor ekspor terbesar Prancis, dengan omset yang mencapai 77% dari omset dunia dan lebih dari 80% produksinya diekspor ke luar Eropa. Daftar pesanan mencakup empat tahun masa produksi.

Industri kedirgantaraan merupakan sektor yang berinvestasi di bidang inovasi dan riset (sebagai contoh AIRBUS : lebih dari 10 milyar Euro dialokasikan untuk riset dan pengembangan, dengan 200 paten per tahun).

Industri ini berdimensi Eropa. Prancis dan Jerman merupakan cikal bakal pendiri EADS.

Sektor ini merupakan industri yang menaungi beragam kegiatan maupun bidang pekerjaan, dengan grup-grup besar lain, atau perusahaan-perusahaan skala menengah maupun kecil.

GIF

Diterbitkan pada 19/03/2013

Kembali ke atas