Penawaran Beasiswa Erasmus Mundus Action 2 Caribu Gelombang Pertama [fr]

JPEG Vrije Universiteit Brussel (VUB) sejak bulan Juli 2013 menyelenggarakan program baru Erasmus Mundus Action 2 yang dinamai program CARIBU dan yang mendukung kerjasama akademis, ilmiah dan untuk pembangunan dengan zona Afrika, Karibia, Pasifik (ACP). Proyek ini dikoordinasi bersama dengan Universitas Jimma (Etiopia)

Penawaran beasiswa gelombang pertama ini dibuka pada tanggal 6 November 2013 dan akan ditutup pada tanggal 17 Februari 2014. Para penerima beasiswa akan mulai diberangkatkan untuk tahun ajaran mendatang (mulai bulan Juli 2014 untuk program doktor, September 2014 untuk program lainnya).

Program CARIBU menawarkan bantuan beasiswa mobilitas untuk tingkat Master dan Doktor bagi para mahasiswa dari Kawasan ACP menuju Eropa dan bagi para personil akademis dan administrasi dari zona ACP ke Eropa serta dari Uni Eropa ke ACP. Para mahasiswa dan para personil dari berbagai universitas yang berada di negara-negara yang memiliki perwakilan di konsorsium maupun negara-negara mitra terkait, dapat terpilih sebagai penerima beasiswa tersebut.

Universidade Nacional Timor Lorosa’e Timor Leste merupakan anggota konsorsium ini. Dengan demikian, Kantor Kedutaan Besar Perancis di Dili merupakan salah satu perantara informasi proyek ini, untuk dua alasan berikut :

  • Kantor kami memiliki kesempatan untuk mempromosikan atau menyebarkan keterangan kepada para calon penerima beasiswa yang berpotensi dari Timor Leste tentang kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke Eropa (pada umumnya) dan ke Perancis pada khususnya (melalui penyelenggaraan pameran, sesi informasi, kunjungan ke berbagai universitas, Campus France, Alliance français, dll.)
  • Kedutaan dapat menerima permohonan visa atau informasi konsuler dari mahasiswa atau personil universitas yang ingin mengikuti program tersebut atau yang telah terpilih untuk mengikuti program universitas Perancis yang menjadi anggota konsorsium (Universitas Nantes). Adalah penting untuk mendapatkan informasi mengenai keberadaan dan lingkup program tersebut.


GIF
CARIBU didanai oleh Komisi Eropa. Program tersebut merupakan sebuah kemitraan antara delapan universitas Eropa dan dua belas universitas non-Eropa, didukung oleh sepuluh mitra terkait, yang bertujuan mempromosikan mobilitas akademis antara Eropa dan zona ACP.

Mitra Eropa : Université de Gand (Belgia), VUB (Belgia), Universitas Mendel (Republik Ceko), Universitas Aalborg (Denmark), Universitas Nantes (Perancis), Universitas Teknologi Silesian (Polandia), Universitas Lisbon (Portugal), Technical University of Cluj-Napoca (Roumania)

Mitra ACP : College des Bahamas, Universitas Buea (Kamerun), Universitas Katolik Bukavu (RD Kongo), Universitas Jimma (Etiopia), Universitas Gambia, Sekolah Bisnis Universitas Ghana, Universitas Eduardo Mondlane (Mozambik), Universitas Nasional Samoa, Universitas Anton de Kom Suriname, Universitas Pertanian Sokoine (Tanzania), Universidade Nacional Timor Lorosa’e (Timor Leste), Universitas Makerere (Uganda)

Mitra terkait : Jaringan Universitas Ibu Kota Eropa/Network of Universities of the Capitals of Europe (Belgia), ACP Secretariat (Belgia), Universitas Cape Verde, Universitas Guyana, Universitas Moi (Kenya), Universitas Zambeze (Mozambik), Organisasi Riset Ilmiah Samoa/Scientific Research Organization of the Samoa, Organisasi Negara-Negara Bagian Amerika/Organization of American States (Amerika Serikat), Scholars at Risk (Amerika Serikat), Institut Internasional UNESCO untuk Pendidikan Tinggi di Amerika Latin dan Karibia/UNESCO International Institute for Higher Education in Latin America and the Caribbeans (Venezuela).

Semua informasi penting dapat Anda peroleh di laman Internet proyek tersebut : www.caribu.be

Terlampir pula informasi lebih rinci program ini (dalam bahasa Inggris).

Hubungilah kami apabila memerlukan keterangan tambahan.

GIF
Marie AUROUSSEAU
Vrije Universiteit Brussel (VUB)
International Relations & Mobility Office
Staff member - Erasmus Mundus
Telp. : +32 (0)2 614 80 89
Fax: +32 (0)2 614 80 80
Marie.Aurousseau@vub.ac.be

Aurélie SEGUIN
Kedutaan Besar Perancis di Timor Leste
Atase Kerjasama dan Keudayaan
Telp. : +670 77313500
frcoopedili@gmail.com

GIF
Brosur Erasmus Mundus Action 2 Programme CARIBU

Diterbitkan pada 11/11/2013

Kembali ke atas