Pendaftaran calon penerima Penghargaan Hak Asasi Manusia Republik Perancis telah dibuka

Undangan Pengajuan Calon Penerima

Penghargaan Hak Asasi Manusia Republik Perancis 2008


Dengan Hormat,

Pendaftaran calon penerima Penghargaan Hak Asasi Manusia Republik Perancis “Liberté, Egalité, Fraternité” tahun 2008 yang akan diserahkan oleh Perdana Menteri Perancis telah dibuka.

Pada tahun 2008, Penghargaan HAM Republik Perancis memasuki usia yang ke-20. Anugerah tersebut diberikan sebagai penghargaan atas kegiatan yang bersifat individual maupun kolektif di bidang hak asasi manusia, baik yang dilaksanakan di Perancis maupun di luar negeri, tanpa memperhitungkan kebangsaan maupun batas negara. Tema kegiatan harus sesuai dengan dua tema pilihan.

Penganugerahan penghargaan hak asasi manusia tahun ini merupakan puncak perayaan HUT ke-60 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang disepakati Sidang Umum PBB di Paris pada tanggal 10 Desember 1948.

1. Lembaga Swadaya Masyarakat dari bangsa maupun negara manapun harus memaparkan kegiatan atau proposal kegiatan di bidang hak asasi manusia yang dilaksanakan di Perancis ataupun di luar negeri, dengan mengusung salah satu dari dua tema pilihan untuk tahun 2008 :

Tema 1 : Pembela hak asasi manusia

Pada tanggal 9 Desember 1998 lalu, Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui “Deklarasi Hak dan Tanggung jawab Individu, Kelompok, dan Organ Masyarakat untuk Memajukan dan Melindungi HAM dan Kebebasan Dasar yang Diakui secara Universal ”. Tahun ini kita merayakan ulang tahun ke-10 teks yang dikenal dengan nama “Deklarasi Pembela HAM PBB” tersebut. Sepanjang periode sepuluh tahun, terbukti adanya ancaman terhadap para pembela hak asasi manusia. Saat ini, sejumlah pemenang anugrah hak asasi manusia dari Republik Perancis kehilangan kebebasan mereka. Inilah waktu yang paling tepat untuk mengingatkan kembali peran primordial masyarakat sipil, terutama para pembela HAM, dalam memajukan dan melindungi hak asasi manusia serta kebebasan fundamental.

Selain pencalonan para pejuang wanita maupun pria hak asasi manusia, pencalonan “pembela para pembela HAM” pun diterima dengan tangan terbuka. Kegiatan yang dapat dipilih dapat berupa kegiatan pengajaran dan penyebaran informasi kepada masyarakat, kegiatan yang mendorong peningkatan fungsi pelayanan kemasyarakatan, kegiatan yang memajukan lembaga-lembaga demokrasi dan yang meningkatkan fungsi lembaga-lembaga tersebut, terutama di saat negara kurang memberikan perlindungan terhadap para pembela HAM yang berjuang secara damai.

Atau, Tema 2 : Hak ekonomi, sosial dan budaya

Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia ditegaskan kembali dalam pakta-pakta internasional dan protokol tambahan untuk penyusunan “Piagam Hak Asasi Manusia Internasional ”. Tahun 2008 akan menandai satu tahapan penting asalkan penyusunan protokol fakultatif pada pakta internasional yang berkaitan dengan hak ekonomi, sosial dan budaya, yang memungkinkan terjadinya komunikasi individual, seperti yang terjadi pada pakta hak sipil dan politik, dapat diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Penitikberatan pada hak ekonomi, sosial dan budaya merupakan cara untuk mengingatkan kembali akan prinsip-prinsip indivisibilitas, interdependensi, dan universalitas hak asasi manusia yang disinggung kembali pada Kongerensi Wina tahun 1993 dan yang selalu perlu ditegaskan kembali.

Kegiatan dan program dapat bertumpu pada peningkatan kesadaran pemerintah terkait, pada masalah solidaritas terhadap masyarakat yang kehilangan hak-haknya tersebut, pada promosi efektivitas dan dukungan terhadap permohonan yang diajukan kepada lembaga yuridiksi yang berwenang apabila diperlukan, pada pelatihan dan penyebaran informasi kepada masyarakat.

2. Lima orang pemenang akan meraih hadiah total 75.000 € yang diserahkan oleh Perdana Menteri Perancis.

Lima pemenang lainnya akan menyandang “predikat khusus”. Pencalonan harus sesuai dengan peraturan penghargaan yang dapat dilihat di situs : www.cncdh.fr.

3. Berkas pencalonan yang disusun dalam bahasa Perancis harus terdiri atas :

A) Surat pencalonan yang diajukan dan ditandatangani oleh ketua atau penanggung jawab hukum LSM pelaksana ;
B) Berkas yang memaparkan secara rinci tujuan dan deskripsi kegiatan atau proyek yang diajukan. Anggaran rinci harus dilampirkan (sebaiknya dikonversikan dalam mata uang Euro) ;
C) Presentasi mengenai LSM pelaksana (AD-ART, kegiatan yang dilaksanakan…) ;
D) Alamat surat dan rekening Bank LSM ;

Para kandidat harus menyerahkan berkas lengkap, sebelum batas akhir penyerahan, tanggal 30 Septembre 2008 ke : Secrétariat général de la Commission Nationale consultative des droits de l’homme yang beralamat di 35, rue St Dominique – 75007 Paris – France, atau melalui e-mail : michel.forst@cncdh.pm.gouv.fr.

4. Hasil penjurian diumumkan pada tanggal 6 November 2008. Upacara penganugerahan penghargaan akan diselenggarakan di Paris, sekitar tanggal 10 Desember 2008.

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas