Penyerahan Penghargaan “Chevalier dans l’Ordre du Mérite Agricole” kepada tiga tokoh Indonesia di bidang pertanian

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Bapak Bertrand Lortholary, pada hari Senin 25 Juni 2012 akan menyematkan penghargaan pemerintah Prancis di bidang pertanian “ Chevalier de l’Ordre du Mérite Agricole ”, di kediamannya, kepada tiga tokoh Indonesia, yakni Bapak Suswono, Menteri Pertanian; Bapak Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Perdagangan, dan Bapak Tahlim Sudaryanto, Staf Ahli Bidang Kerjasama Internasional Kementerian Pertanian.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pertanian Prancis kepada tokoh-tokoh, baik yang berasal dari Prancis maupun luar negeri, yang banyak berjasa di bidang pertanian.

Pada waktu Prancis memimpin kelompok G20 dari bulan November 2010 s.d. bulan November 2011, serangkaian pertemuan diselenggarakan guna membahas isu penting : volatilitas harga produk pertanian. Delegasi Indonesia, terutama ketiga orang tokoh penerima penghargaan ini, berperan aktif dalam forum tersebut. Pertemuan-pertemuan persiapan itu mencapai puncaknya saat diselenggarakan pertemuan menteri-menteri pertanian, yang berhasil mengadopsi “Rencana Aksi terkait dengan volatilitas harga pangan dan pertanian”. Rencana tersebut menyoroti kesamaan pandang antara Prancis dan Indonesia dan membantu merumuskan berbagai kebijakan terkoordinasi di tingkat internasional guna memperkokoh ketahanan pangan global.

Oleh karena itulah Prancis bermaksud memberikan penghargaan, atas komitmen dan jasa yang telah dicurahkan, demi kemajuan bidang pertanian; oleh Bapak Suswono, Bapak Bayu Krisnamurthi, dan Bapak Tahlim Sudaryanto.

Diterbitkan pada 22/06/2012

Kembali ke atas