Perancis masuk dalam tiga besar negara paling inovatif di dunia

Bidang Inovasi Perancis tidak mandek! Menurut pemeringkatan negara-negara paling inovatif yang dibuat Thomson-Reuters bulan Oktober 2013, Perancis berada di urutan ketiga.

Dua Belas Grup Perancis termasuk yang paling inovatif di dunia


JPEG Dalam pemeringkatan ini, lembaga amerika tersebut mensurvey perusahaan-perusahaan dan pusat-pusat penelitian yang sangat aktif mengembangkan kebijakan paten (dilihat dari banyaknya paten yang diajukan dan jumlah paten yang diterima, reputasi perusahaan). Pada tahun 2013, daftar 100 besar negara paling inovatif tersebut didominasi Amerika Serikat (dengan masuknya 45 organisasi dalam pemeringkatan tersebut), mengungguli Jepang (28), diikuti Perancis dengan 12 grup. Grup-grup terkemuka Perancis tersebut terdiri atas sembilan perusahaan (Alcatel-Lucent, Arkema, EADS, L’Oréal, Michelin, Saint-Gobain, Thales, Safran, & Valeo) dan tiga lembaga (Komisariat Energi Atom/CEA), Pusat Riset Ilmiah Nasional Perancis/ CNRS dan IFP Energies Nouvelles). Para peraih penghargaan bergengsi ini menjadikan Perancis negara paling inovatif di Eropa, jauh mengungguli Swiss (4 grup), Jerman (3 grup), dan Swedia (2 perusahaan).

Pinjaman Pajak Penelitian Sebagai Alat yang Ampuh

Menurut data Kantor Paten Eropa, perusahaan dan lembaga-lembaga Perancis menganggarkan 38 miliar Euro untuk penelitian dan mengajukan 12 ribu paten pada tahun 2012. Keberhasilan ini terutama berkat kebijakan inovasi pemerintah dan Kredit Pajak Penelitian (CIR), yakni pengurangan pajak yang dihitung berdasarkan besarnya anggaran perusahaan yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan. Insentif pajak tersebut turut mendorong perusahaan untuk berinovasi, hingga meningkatkan daya saing perusahaan di segala sektor kegiatan , tanpa memandang besar atau kecilnya lembaga, maupun jenis organisasi tersebut.

Tepat di belakang para perusahaan besar, bermunculan pemain baru perintis

JPEG Inovasi yang diciptakan Perancis banyak jumlahnya dan meliputi berbagai bidang, di antaranya riset ilmiah (CEA, CNRS ; IFP Technologies), kedirgantaraan (EADS, Thales, Safran) dan perlengkapan otomotif (Michelin, Valéo). Michelin saat ini sedang menjalankan revolusi otomotif yang sesungguhnya, dengan Active Wheel. Michelin merancang ban-ban yang diperlengkapi dengan motor listrik : ada motor untuk memberi tenaga pada ban, dan motor untuk mengatur suspensi. Sistem yang ramah lingkungan tersebut benar-benar memperlihatkan inovasi ban otonom.

Bukan hanya perusahaan-perusahaan multinasional yang mewujudkan penemuan-penemuan di Perancis, jaringan industri Perancis juga meliputi perusahaan-perusahaan kecil dan menengah (UKM) yang memanfaatkan kebijakan inovasi nasional. Sebagai contoh, Perancis merupakan negara pertama yang membuka wilayah udaranya bagi pesawat-pesawat tak berawak untuk kepentingan sipil, pangsa pasarnya diperkirakan beromzet 2 miliar euro pada tahun 2015. Guna memanfaatkan bidang percobaan yang unik ini, Frédéric Serre mendirikan perusahaan Delta Drone. ‘’Prospek Pesawat tak berawak dalam dunia penerbangan akan mengikuti jejak perkembangan ponsel menggusur saluran telepon tetap dalam dunia telekomunikasi. Kami berkembang di pasar yang sangat menjanjikan.” Saat ini, pesawat terbang tak berawak yang dikendalikan dari jauh ini dimanfaatkan untuk pemetaan tambang-tambang, pemeriksaan sarana dan prasarana atau pemantauan ladang gandum. Deltra Drone yang memasuki bursa saham pada musim panas lalu baru saja membuka sekolah yang memberikan pelatihan pengendalian pesawat jarak jauh. Perusahaan tersebut menargetkan omzet 10 juta euro untuk tahun 2014.

Inovasi-inovasi untuk keberhasilan transisi energi

JPEG Para ilmuwan Perancis setiap hari berusaha mencari cara untuk memproduksi energi berkelanjutan. Inilah yang dilakukan perusahaan Hydroquest, yang memasarkan kincir air, yakni turbin-turbin yang memanfaatkan aliran sungai untuk menghasilkan tenaga listrik. Pasar yang memiliki masa depan cerah ini diperkirakan akan beromzet 12 miliar euro di tahun-tahun mendatang. Di sektor yang sama, Algopack, baru saja meluncurkan alternatif penggunaan minyak tanah. Perusahaan baru ini memproduksi plastik non-polutan yang berasal dari ganggang coklat yang diambil dari pantai. Begitu terkubur di dalam tanah, bahan padat ini kembali menjadi ganggang organik yang dapat menyuburkan tanah dalam beberapa minggu.

Penemuan-penemuan baru di bidang energi didukung oleh pemerintah Perancis. Pada bulan September 2013, diluncurkan 34 rencana untuk ‘’ menggiatkan kembali industri’’, yang banyak di antaranya ditujukan mengembangkan kendaraan cerdas, seperti merancang mobil yang mengonsumsi bbm 1 liter untuk melaju sejauh 100km, kapal laut ramah lingkungan, ‘’kereta api super cepat (TGV) dan mobil masa depan’’, atau pesawat terbang listrik… Menurut kantor Mc Kinsey, seluruh proyek tersebut berpotensi menciptakan 480 ribu lapangan kerja dalam sepuluh tahun mendatang dan menghasilkan lebih dari 45 miliar euro nilai tambah. Dengan demikian semua ini semakin meningkatkan kemampuan Perancis di bidang inovasi.

GIF
Caroline Jury

Diterbitkan pada 11/12/2013

Kembali ke atas