Perayaan Frankofoni di Jakarta

Pekan Frankofoni berlangsung dari tanggal 19 s.d. 24 Maret 2012 di Jakarta. Para pelajar SMA, mahasiswa, dan pengajar bahasa Perancis ikut ambil bagian secara aktif dalam berbagai kegiatan, dalam rangka turut memeriahkan perayaan dinamisme bahasa Perancis di Indonesia.


“Pemuda dan Kreativitas”

Tahun ini, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi tuan rumah acara pembukaan pekan perayaan yang mengangkat tema “Pemuda dan Kreativitas”. Pada kesempatan tersebut, enam Duta Besar negara berbahasa Perancis hadir di tengah-tengah para mahasiswa dan pengajar dari jurusan bahasa Perancis UNJ dan UI (Universitas Indonesia).
JPEG
Sepanjang pekan tersebut, Institut français d’Indonésie, UNJ dan UI memutar film-film berbahasa Perancis di aula-aula mereka. Pemutaran film “Titeuf” diikuti lokakarya komik yang diselenggarakan bersama oleh UI dan Kedutaan Besar Swiss.

Berlangsung pula sebuah seminar bertemakan “Kreativitas dan Pemuda di Dunia Frankofon Masa Kini”. Para ahli dari Kanada dan Perancis menyampaikan presentasi mereka tentang berbagai aspek problematika tersebut, sebelum menjawab pertanyaan para peserta seminar, mahasiswa dan pengajar.

GIF

Aneka Lomba Frankofoni

Pada puncak perayaan Frankofoni 2012, para pemenang empat lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Institut Français d’Indonésie (IFI) bagi para pengguna bahasa Perancis di Indonesia menerima hadiah mereka. Keempat kategori tersebut adalah lomba pembuatan video, lomba mengarang, lomba puisi, dan lomba fotografi. IFI menerima 500 karya peserta dari berbagai pelosok Indonesia. Acara penyerahan hadiah diselenggarakan di Kediaman Duta Besar Perancis, dalam suatu jamuan makan malam istimewa. Kedua belas finalis mendapat bingkisan dari Duta Besar Perancis, Bapak Bertrand Lortholary. Para pemenang pertama dari keempat kategori tersebut akan diberangkatan ke Perancis guna mengikuti program pelajaran bahasa dan budaya Perancis di kota Montpellier. Karya-karya para finalis ditampilkan di kediaman duta besar dan akan di pamerkan di kantor-kantor perwakilan Institut français d’Indonésie di berbagai kota di Indonesia dari bulan April s.d. Juni 2012.
JPEG
Malam penyerahan hadiah ini menandai berakhirnya pekan Frankofoni 2012.

Perayaan Frankofoni adalah sarana mempromosikan bahasa Perancis melalui antusiasme, motivasi dan keikutsertaan para mahasiswa, pelajar, serta para pengajar mereka, maupun para pecinta bahasa Perancis di Indonesia.

Diterbitkan pada 17/04/2012

Kembali ke atas