Permainan Video “made in France”, sebuah sektor unggulan

Just Dance, Rayman Origins, Dishonored… merupakan beberapa video game produksi Prancis yang telah memikat jutaan pemain di seluruh dunia. Dibangun dari jaringan perusahaan-perusahaan yang inovatif, Prancis menempatkan dirinya sebagai pemimpin di pasar permainan video.

JPEG Sebagai industri budaya utama di Prancis, maupun di dunia, produksi permainan video menghasilkan 3 milyar euro bagi Prancis di tahun 2012. Sebagai perbandingan, sektor perfilman Prancis hanya memperoleh 1,3 milyar euro pada tahun yang sama. Di kancah internasional, Prancis saat ini merupakan negara kedua yang paling banyak membuat permainan video, tepat di belakang Amerika Serikat.

Pasar yang menarik semakin banyak konsumen

Sejak tahun sembilan puluhan, jumlah pecandu permainan video yang disebut “gamer” meningkat di seluruh dunia. Saat ini totalnya mencapai lebih dari satu milyar pemain. Demi memasok permainan video bagi para konsumen yang penuntut ini, sejumlah perusahaan berkembang di Prancis, di samping studio-studio kreasi dan kluster unggulan. Saat ini tercatat ada tiga ratus perusahaan di wilayah Prancis yang mempekerjakan lebih dari lima ribu orang. Permainan video “made in France” beragam. Beberapa perusahaan mengedit permainan-permainan tradisional, perusahaan lainnya memfokuskan diri pada “dematerialized game”, yakni permainan video yang mulai populer pada sekitar tahun dua ribuan, yang dapat dimainkan di komputer, tablet atau ponsel pintar, tanpa harus mempunyai konsol.

Wadah pengembangan bakat

Guna mengembangkan permainan-permainan bermutu, perusahaan-perusahaan Prancis mengalokasikan dana lebih dari 500 juta euro per tahun. Sektor dinamis ini tumbuh pesat berkat banyak bemunculannya perusahaan-perusahaan baru : 32% perusahaan Prancis berusia kurang dari dua tahun. Julien Villedieu, perwakilan dari Himpunan Permainan Video Nasional Prancis, menerangkan tentang pendongkrak pertumbuhan eksponensial ini. “Prancis dikenal di dunia sejak tahun 1980, berkat kreativitasnya, ini merupakan wadah pengembangan bakat. Selain reputasinya di kancah internasional, Prancis diakui karena mutu pendidikan yang ditawarkannya, bagi para insinyur dan seniman di bidang permainan grafis. Di samping itu, negara kami memiliki beberapa perusahaan yang menjadi pemimpin di pasar internasional. Sebagai contoh grup Activision-Blizzard, anak perusahaan Vivendi dan Ubisoft, merupakan salah satu dari lima pembuat video utama di dunia. Perusahaan raksasa Prancis tersebut mengeluarkan permainan video perang yang terkenal, “Call of Duty”, dengan seri terakhirnya “Black Ops”, yang menjadi permainan video terlaris di Prancis dan Amerika Serikat pada awal tahun 2013”.

Menyoroti kesuksesan Prancis

JPEG “Permainan video buatan Prancis ditujukan untuk pasar luar negeri, 80% permainan yang diproduksi di Prancis ditujukan untuk ekspor”, demikian keterangan Julien Villedieu. Perusahaan-perusahaan Prancislah yang membuat Just Dance dan Rayman Origins. Permainan-permainan tersebut terjual puluhan juta eksemplar dalam waktu beberapa bulan. Terakhir, Dishonored, yang dibuat oleh Arkane Studios, dari kota Lyon, memecahkan rekor penjualan, ketika diluncurkan pada bulan Oktober 2012. Mendapat nilai yang tinggi dari para kritikus, permainan tersebut terjual lebih dari 1,5 juta eksemplar hanya dalam dua bulan ! Kesuksesan yang menurut Direktur Studio Arkane di Lyon, Romuald Capron, terkait dengan karakternya yang unik, “Permainan tersebut disambut baik karena merupakan sebuah kreasi baru, gagasan baru, di pasar yang jenuh oleh sekuel-sekuel. Yang menarik bagi para pemain adalah kebebasan yang diberikan kepada para ‘gamer’ tersebut dalam pengalaman bermain. Dalam Dishonored, sang jagoan berkembang di dunia fiktif yang diilhami oleh Inggris abad XIX, ia dapat memilih sejumlah alur cerita, demi mencapai tujuannya, yakni balas dendam… Bagi Romuald Capron permainan tersebut juga diakui berkat mutu dunia grafisnya. “Di studio utama kami di Lyon, kami mempekerjakan para programer, ahli grafis, desainer, dan spesialis suara dan efek khusus. Prancis menguasai pengetahuan yang baik di bidang ini”.

Permainan-permainan daring, sektor yang berkembang pesat

Seperti permainan 100% Prancis yang dapat diunduh melalui Internet, masa depan permainan video “made in France” saat ini difokuskan pada jenis permainan tanpa memerlukan konsol. Para pecandu semakin banyak bermain di jaringan sosial, memakai ponsel atau tablet. Inilah yang mendorong 93% perusahaan Prancis saat ini menggarap jenis permainan-permainan ini. Dalam konteks pengembangan dan spesialisasi pasar, Paris akan menjadi tuan rumah Konferensi Webgame (Permainan daring) pada bulan Juni mendatang. Sejak tiga tahun lalu, konferensi tingkat Eropa tersebut diikuti setiap tahunnya oleh lebih dari 800 kalangan profesional permainan video daring, yang memimpin di bidang sektor ini.

Caroline Jury

Diterbitkan pada 05/03/2013

Kembali ke atas